Take a fresh look at your lifestyle.

Mendagri Tjahjo Sebut Calon Kepala Daerah yang jadi `Pasien` KPK Boleh Ikut Pilkada

0 2
Mendagri Tjahjo Sebut Calon Kepala Daerah yang jadi `Pasien` KPK Boleh Ikut Pilkada

Mendagri, Tjahjo Kumolo

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut para calon kepala daerah yang saat ini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) boleh mengikuti Pilkada 2018. Menteri asal PDIP ini mengklaim hal tersebut berdasarkan aturan yang berlaku.

“Aturan dan PKPU masih membolehkan sampai yang bersangkutan berkuatan hukum tetap,” ungkap Tjahjo Kumolo, di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

‎Dikatakan Tjahjo, ‎sebelumnya ada calon kepala daerah yang menang di pilkada meski telah menjadi tersangka KPK. “Kalau ingat tahun lalu ada yang ditahan pun menang mutlak di Pilkada,” tutur dia.

Sejauh ini ada empat calon kepala daerah ikut  Pilkada 2018 yang terjaring operasi senyap KPK dan telah mendekam di rutan. Mereka adalah calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Marianus Sae, calon Bupati Jombang Nyono Suharli, calon Bupati Subang Imas Aryumningsih, dan calon Gubernur Lampung Mustafa.

Mereka sudah ditetapkan oleh KPUD masing-masing dan telah mendapat nomor urut. Masa kampanye pada pilkada serentak kali ini berakhir pada 23 Juni 2018.‎

Marianus Sae merupakan Bupati Ngada NTT yang maju dalam Pilgub NTT 2018, berpasangan dengan Emilia J Nomleni. ‎Sementara Bupati Jombang Nyono, kembali maju bersama Subaidi Muhtar di Pilkada Jombang.

Sedangkan Bupati Subang Imas menggandeng Sutarno sebagai calon wakil bupati, dalam Pilkada Subang. ‎Terakhir adalah Bupati Lampung Tengah Mustafa yang mencalonkan diri menjadi calon gubernur Lampung.

Dalam kesempatan ini Tjahjo menegaskan bahwa pihaknya telah memberikan imbauan kepada seluruh calon petahana agar tidak menyalahi aturan hukum. Apalagi terkait anggaran.

“Sudah kami imbau petahana yang mau maju lagi tidak boleh pakai fasilitas negara itu saja jelas, dan tidak boleh memanfaatkan anggaran daerah harus mandiri,” tutur Tjahjo.‎

‎Tjahjo sendiri hadir di markas lembaga antikorupsi untuk berkoordinasi dengan pimpinan KPK. Pertemuan ini berkaitan dengan pilkada.‎

TAGS : Mendagri Tjahjo Kumolo Pilkada

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29727/Mendagri-Tjahjo-Sebut-Calon-Kepala-Daerah-yang-jadi-Pasien-KPK-Boleh-Ikut-Pilkada/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments