Take a fresh look at your lifestyle.

Menaker Ajak Mahasiswa Menangkan Persaingan Era Digital

0 5
Menaker Ajak Mahasiswa Menangkan Persaingan Era Digital

Kemnaker

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan, era teknologi digital, berdampak pada tantangan persaingan dunia kerja yang terus berubah. “Teknologi dan informasi menjadikan karakter pekerjaan terus berubah. Mahasiswa harus siap dengan persaingan yang terus berubah,” kata Menaker dalam seminar “Mengamati Peluang Sektor Ketenagakerjaan dan Ekonomi Kreatif Guna Melahirkan Mahasiswa yang Siap Bersaing” di Universitas Nasional Jakarta, Selasa, 26 September 2017.

Dulu, teknologi hanya mengenal telepon kabel, lalu muncullah telepon genggam. Setelah telepon genggam, muncul telepon pintar. Setelah era internet, berkembang menjadi mobile internet. Saat ini tak hanya teknologi robotic, tapi berkembang dengan teknologi artificial intelligence.

Teknologi digital juga mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif yang sangat menjanjikan. Kunci keberhasilan dalam persaingan industri digital dan industri kreatif, lanjut Menaker, adalah mengolaborasikan ide, sumber daya manusia dan teknologi. “Kombinasi inilah yang menciptakan produktivitas yang luar biasa besar,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menaker memberikan resep agar mahasiswa mampu memenangkan persaingan, yaitu harus menguasai kompetensi tertentu di atas standar. Jika di bawah standard, pasti kalah dalam persaingan. Jika sesuai standard, peluang kalah dan menang sama. Tapi kalau di atas standard, sudah pasti menang.

Agar menguasai kompetensi di atas standard, mentri yang akap disapa MHD ini mengajak mahasiswa untuk kerja keras dalam belajar. Menteri Hanif lalu menyitir nasehat ilmuwan Albert Einstein yang mengatakan, “Jika Anda ingin hasil lebih, maka caranya harus berbeda. Adalah orang gila yang ingin hasil lebih tapi menggunakan cara biasa saja”.

Secara Menaker mengilustrasikan, jika pesaing bangun tidur jam empat pagi untuk memulai aktifitas, maka kita harus bangun jam tiga pagi. Jika pesaing menghabiskan waktu belajar empat jam sehari, maka kita harus belajar lima jam dalam sehari.

Selain mengajak bekerja keras, pada ujung ceramahnya, Menaker juga mengajak para mahasiswa untuk senantiasa optimis menatap masa depan.

TAGS : Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22367/Menaker-Ajak-Mahasiswa-Menangkan-Persaingan-Era-Digital/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments