Take a fresh look at your lifestyle.

Meksiko Legalkan Penggunaan Ganja Non-Medis

0 7
Meksiko Legalkan Penggunaan Ganja Non-Medis

Ilustrasi tanaman ganja

Jakarta – Reformasi kebijakan narkoba mengklaim kemenangan di Mexico City setelah Mahkamah Agung negara itu menjatuhkan dua putusan yang melegalisasi kanabis untuk semua bentuk penggunaan ganja untuk orang dewasa.

“Keputusan itu membuka jalan bagi orang dewasa untuk menggunakan ganja dengan cara apapun yang mereka mau. Kami tidak hanya berbicara tentang penggunaan pengobatan,” kata Froylán Enciso, peneliti kebijakan obat di lembaga ilmu sosial Meksiko, CIDE, kepada UPI.



Dalam kasus pertama, penggugat yang ingin menanam ganjanya sendiri mengajukan permohonan ke pengadilan untuk “ampar”, suatu bentuk perlindungan konstitusional dari penuntutan, sehingga ia dapat menanam, mengolah, memanen, menyiapkan, memiliki, dan mengangkut ganja.

Dalam kasus kedua, penggugat lain juga mengajukan permohonan amparo untuk mengkonsumsi ganja untuk tujuan rekreasi.

Dua penggugat yang berbeda bertujuan untuk menyatakan undang-undang kesehatan dan pemasyarakatan Meksiko yang tidak konstitusional tentang penggunaan marijuana untuk tujuan non-medis.

“Pengadilan telah menemukan bahwa ganja dapat digunakan untuk ritual, untuk penggunaan rekreasi, untuk penggunaan medis, di tempat kerja, untuk penyelidikan ilmiah. Untuk setiap penggunaan dewasa dan itu tidak dapat dikenakan sanksi,” kata Enciso.

Peneliti kebijakan obat mengatakan kebanyakan orang di penjara di Meksiko karena kejahatan narkoba dipenjara karena memiliki ganja.

“Pemerintah Meksiko tidak menempatkan penjahat dengan kekerasan di penjara tetapi orang-orang yang merokok dalam jumlah kecil di sudut jalan atau di luar,” kata Enciso, “Jadi keputusan ini akan menguntungkan banyak konsumen kecil.”

Keputusan itu muncul setelah bertahun-tahun litigasi strategis oleh aktivis kebijakan narkoba Meksiko mulai tahun 2015. Berbeda dengan Amerika Serikat, undang-undang federal Meksiko mewajibkan lima putusan berturut-turut pada masalah yang sama dan dalam arah yang sama untuk menciptakan yurisprudensi yang pada akhirnya menyatakan hukum tidak konstitusional.

Langkah berikutnya menuju legalisasi ganja untuk tujuan non-komersial adalah bahwa Mahkamah Agung harus menginformasikan kepada Kongres Meksiko dalam 90 hari yang melarang penggunaan orang dewasa tidak konstitusional.

Kongres kemudian harus mereformasi hukum yang ditemukan pengadilan tidak konstitusional. Jika Kongres tidak bertindak, setiap orang dewasa yang dituntut karena menggunakan ganja juga dapat mengajukan permohonan perlindungan dari sistem peradilan.

“Putusan itu menciptakan yurisprudensi tetapi mereka sendiri tidak banyak berubah dalam legislasi,” kata Enciso. “Meski begitu mereka sangat penting bukan hanya untuk Meksiko tetapi untuk Amerika Serikat.”

“Ketika Kongres mengumumkan larangan ganja tidak konstitusional di Meksiko,” kata peneliti kebijakan narkoba, “pemerintah federal Amerika Serikat akan menjadi satu-satunya yurisdiksi pelarangan yang tersisa di Amerika Utara. Kanada sekarang memiliki ganja legal. Lebih dari 30 negara di AS memiliki beberapa bentuk legalisasi ganja. Dan sekarang dengan legalisasi konsumsi dan produksi Meksiko, satu-satunya prajurit narkoba yang tersisa di Amerika Utara adalah Presiden Donald Trump dan Jaksa Agung Jeff Sessions . “

Dalam kedua kasus yang diputuskan Rabu, hakim agung memutuskan 4-1 untuk memberikan hak kepada orang dewasa untuk menggunakan marijuana untuk tujuan non-komersial. Satu keadilan yang memutuskan melawan penggugat berargumen bahwa penggunaan orang dewasa tidak boleh melanggar hak orang lain.

TAGS : Tanaman Ganja Meksiko

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43167/Meksiko-Legalkan-Penggunaan-Ganja-Non-Medis/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments