Take a fresh look at your lifestyle.

Lebanon Percaya Saad al-Hariri Ditahan di Saudi

0 5
Lebanon Percaya Saad al-Hariri Ditahan di Saudi

Perdana Menteri Libanon Saad al-Hariri (Foto: Reuters / Mohamed Azakir)

Beirut – Seorang pejabat tinggi pemerintah Lebanon percaya Arab Saudi menahan Saad al-Hariri. Ia mengatakan Lebanon akan bekerja sama dengan negara-negara asing untuk menjamin kepulangannya Hariri ke Berirut.

Lebanon sedang menuju ke negara-negara asing dan Arab untuk memberi tekanan kepada Saudi agar membebaskan Perdana Menteri Hariri,” kata pejabat tersebut tanpa menyebutkan namanya, karena pemerintah belum mengumumkan prakarsa tersebut, dilansir Reuters, Kamis (9/11)

Pejabat tersebut mengatakan Hariri masih merupakan perdana menteri Libanon. “Mengurung Hariri di Riyadh adalah serangan terhadap kedaulatan Lebanon. Martabat kita adalah martabatnya. Kami akan bekerja sama dengan negara-negara asing untuk menjamin kepulangannya ke Beirut,” tambahnya.

Arab Saudi dan pembantu Hariri  membantah laporan bahwa Hariri berada dalam tahanan rumah, namun ia juga belum mengeluarkan pernyataan bahwa Hariri membantah gerakannya dibatasi.

Hariri mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada Sabtu (4/11) dalam deklarasi kejutan yang dibacakan dari Arab Saudi. Pengumuman itu, menempatkan Lebanon dalam krisis politik yang dalam dan mendorong negara tersebut kembali ke garis depan perjuangan regional antara Arab Saudi dan Iran.

Sifat pengunduran dirinya yang tiba-tiba memicu spekulasi secara luas di Lebanon. Mereka menyebut, politisi sekutu Saudi telah terjebak dalam perebutan kekuasaan regional antara Iran dan Arab Saudi yang memaksanya mengundurkan diri.

Arab Saudi mengatakan kelompok Hizbullah yang didukung Iran telah membajak sistem politik tersebut. Dalam pidato pengunduran dirinya, Hariri menyerang Iran dan Hizbullah karena menabur perselisihan di negara-negara Arab dan mengatakan bahwa ia khawatir adanya pembunuhan yang mengacam nyawanya

 

TAGS : Lebanon Saad al-Hariri Arab Saudi Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24497/Lebanon-Percaya-Saad-al-Hariri-Ditahan-di-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments