Take a fresh look at your lifestyle.

Laporan IAEA Bukti Anggapan AS terhadap Iran Keliru

0 6
Laporan IAEA Bukti Anggapan AS terhadap Iran Keliru

Bendera kebangsaan Iran

Tehran – Duta besar Teheran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan, IAEA kembali menegaskan kepatuhan Iran terhadap kesepakatan nuklir 2015. Ini sekaligus membuktikan bahwa anggapan Amerika Serikat terhadap Iran salah.

“Laporan baru dari agensi  yang kesembilan sejak implementasi JCPOA dan yang kedelapan Dewan Gubernur untuk verifikasi pelaksanaan JCPOA, sekali lagi menegaskan, bertentangan dengan anggapan Amerika Serikat. Kegiatan nuklir Iran benar-benar sesuai dengan JCPOA ,”Kata Reza Najafi dalam sebuah pernyataan.

Najafi juga mengatakan, Iran dan semua anggota IAEA mengharapkan badan nuklir Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) agar terus memverifikasi pelaksanaan JCPOA secara profesional dan netral.

Menurut Reuters, badan pengawas atom PBB pada Senin (13/11) mengatakan dalam laporan pertamanya sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendeklarasikan kepatuhan Iran,  Tehran tetap berada dalam batasan aktivitas nuklir yang ditetapkan oleh kesepakatan nuklir.

Dalam strategi barunya di Iran yang diumumkan pada 13 Oktober, Trump mendeklarasikan kesepakatan nuklir tersebut dan meminta Kongres untuk memutuskan nasib perjanjian tersebut meskipun ada delapan laporan oleh IAEA yang mengkonfirmasi kepatuhan Teheran.

Kongres sekarang harus memutuskan apakah akan mengajukan kembali sanksi ekonomi kepada Teheran yang dicabut berdasarkan kesepakatan tersebut atau tidak. Trump mengatakan jika Kongres tidak melakukan apa pun, ia sendiri akan menghentikan kesepakatan tersebut.

Perjanjian nuklir tersebut, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama, ditandatangani oleh Iran, Uni Eropa, Jerman dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB – Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China dan Rusia pada Juli 2015. kesepakatan mulai berlaku pada Januari 2016.

 

TAGS : Iran Kesepakatan Nuklir Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24789/Laporan-IAEA-Bukti-Anggapan-AS-terhadap-Iran-Keliru/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments