Take a fresh look at your lifestyle.

KPK Siap Telusuri Dugaan Korupsi Proyek Infrastruktur Ambruk

0 3
KPK Siap Telusuri Dugaan Korupsi Proyek Infrastruktur Ambruk

Tiang Pancang Tol Becakayu Ambruk

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memindaklanjuti setiap laporan dugaan korupsi. Termasuk jika ada laporan dugaan korupsi pada proyek infrastruktur di Indonesia.

“Semua laporan akan didalami kecukupan informasinya,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang kepada Jurnas.com, Sabtu (24/2/2018).

Seperti diketahui, sederetan kecelakaan kerja pada proyek infrastruktur di Indonesia marak terjadi. Sebagian besar insiden merupakan proyek infrastruktur yang sedang di kerjakaan oleh PT Waskita Karya Tbk.

Saut enggan berspekulasi apakah insiden itu terjadi lantaran ditenggarai ada faktor transaksional atau rasuah. Yang jelas, kata Saut, pihaknya akan bertindak sesuai kewenangannya jika memang ada indikasi korupsinya.

“Saya ngga boleh masuk di prosesnya karena itu lebih kepada syarat bagaimana proyeknya di mulai, sudah ada ketentuan yang mengatur, sampai siapa mengerjakan apa. Tapi akan menjadi kewenangan KPK atau kerja kerja KPK kalau ada isu korupsi didalamnya,” tegas Saut.

Di sisi lain, diakui Saut, pihaknya dapat masuk dari sisi pencegahan terkait tata kelola proyek infrastruktur. Terlebih, belakangan ini marak terjadi insiden.

“Untuk tata kelola (pencegahan) tentu KPK bisa masuk guna lihat dimana lack nya dan apa tang dapat kita rekomkan (rekomendasikan) guna lebih baik pengelolaannya,” tandas Saut.

Saut sebelumnya menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan atau dampak proyek infrastruktur baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek diantaranya, tidak mampu mengelola tim, estimasi proyek, suplayer tidak kompeten, rendahnya kontrol , dan tidak mampu menguasai proyek.

Sedangkan dalam jangka panjang, di antaranya, permasalahan keuangan, salah estimasi, sistem pembayaran, ekonomi biaya tinggi atau korupsi, dukungan data yang kurang, urutan pekerjaan yang salah, dan koordinasi yang kurang.

“Dua  kelompok masalah ini banyak jadi perdebatan dan dipengaruhi atau bisa muncul dari persoalan manajemen  SDM  dan resources utama lainya,” ungkap Saut.‎

Saut menduga sederetan insiden pada pembangunan infrastruktur yang terjadi dipicu oleh dua hal. Yakni terkait menajemen dan transaksional atau konflik kepentingan.‎‎

“Maka pertanyaanya berikutnya bisa datang dari banyak kemungkinan,” tutur Saut.

Seperti diketahui, Tiang penyangga proyek Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu) ambruk pada Selasa (20/2/2018) dini hari.‎Insiden itu menambah panjang deretan kecelakaan kerja pada proyek infrastruktur di Tanah Air.

Berikut beberapa kecelakaan kerja yang terjadi di berbagai proyek infrastruktur di Indonesia, sejak 2017 hingga sekarang:

1. Tiang pancang proyek Tol Becakayu ambruk, Selasa (20/2/2018). Tujuh pekerja dilaporkan terluka.

2. Jalur Kereta Bandara Soekarno-Hatta Longsor, Senin (5/2/2018). Satu orang tewas setelah sempat terjebak di dalam kendaraan yang tertimbun longsor berjam-jam.

3. Crane Pengangkut Beton Proyek DDT di Matraman, Jakarta Timur, Ambruk Minggu (4/2/2018). Kecelakaan ini mengakibatkan empat pekerja tewas.

4. Beton Girder Proyek Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT)‎ Pulogadung, Jakarta Timur, Roboh, Senin (22/1/2018). Lima pekerja proyek itu terluka.

5. Beton Girder Proyek Jalan Tol Depok-Antasari, Jakarta Selatan, Jatuh, Selasa (2/1/2018). Beton girder ambruk diduga lantaran tersenggol alat berat. Tidak ada korban dalam insiden ini.

6. Crane Ambruk di KM 15 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (16/11/2017).‎

7. Beton proyek Light Rail Transit (LRT) Jatuh di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (15/11/2017). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

8. Pembatas beton proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jatuh di Jalan Wijaya II, Jakarta Selatan, Jumat (3/11/ 2017).

9. Konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo di Desa Curukgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Roboh, Minggu (29/10/2017). Satu pekerja tewas akibat insiden tersebut.‎

10. Tiang Proyek Konstruksi Light Rail Transit (LRT) Timpa Rumah Warga, Selasa (17/10/2017). Tiga warga luka akibat kejadian ini.

11. Jembatan Overpass Tol Bocimi di Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Ambruk, Jumat (22/9/2017). Seorang pekerja proyek tewas tertimpa runtuhan cor beton badan jembatan.

TAGS : Infrastruktur Tol Ambruk KPK Saut Situmorang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29647/KPK-Siap-Telusuri-Dugaan-Korupsi-Proyek-Infrastruktur-Ambruk/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments