Take a fresh look at your lifestyle.

KPK Geledah Empat Lokasi Kasus Korupsi Jombang

0 7
KPK Geledah Empat Lokasi Kasus Korupsi Jombang

Bupati Jombang, Nyono Wihandoko, yang mengenakan rompi tahanan

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah tempat di Jombang. Di antaranya ruang kerja dan dinas Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko.

Demikian disampaikan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui ‎pesan singkat, Senin (5/2/2018). Selain ruang kerja dan dinas Bupati Jombang, penggeledahan yang dilakukan sejak pukul 11.00 WIB ini juga menyasar Kantor Dinas Kesehatan dan Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Jombang.

“Penggeledahan dilakukan oleh tim secara paralel. Dilakukan di empat lokasi,” kata Febri.

Dari empat lokasi penggeledahan, kata Febri, tim penyidik KPK mengamankan sejumlah dokumen terkait perizinan dan dana kapitasi serta barang bukti elektronik. Dokumen yang diamankan itu disita untuk kepentingan penyidikan kasus dugaan suap yang menjerat Nyono dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Inna Silestyanti.

“Sejauh ini diamankan sejumlah dokumen terkait perizinan dan dokumen terkait dana kapitasi serta barang bukti elektronik,” tutur Febri.‎

Nyono dan Inna ditetapkan sebagai tersangka suap terkait perizinan dan pengurusan penempatan jabatan di Pemerintah Kabupaten Jombang. Inna diduga memberikan uang kepada Nyono untuk kepentingan jabatanya.

Nyono diduga menerima uang sebesar Rp 434 juta dari Inna. Inna mengumpulkan uang itu dari dana kapitasi sekitar 34 Puskesmas yang ada di Jombang ‎yang dihimpun sejak Juni-Desember 2017. Besaran uang yang dikumpulkan bervariasi, mulai dari 500 ribu hingga 34 Juta.‎

Diduga uang yang diterima Nyono, salah satunya digunakan untuk kepentingan Pilkada serentak 2018. Mantan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur itu diketahui kembali maju mencalonkan diri sebagai bupati Jombang.

Saat ini Nyono mendekam di Rumah Tahanan Pomdam Jaya Guntur, Jakarta. Sedangkan Inna ditahan di Rutan KPK. Pasca ditetapkan sebagai tersangka, Nyono menyatakan mundur sebagai bupati Jombang dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur.

TAGS : Jombang Nyono Suharli Wihandoko Kasus Korupsi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28775/KPK-Geledah-Empat-Lokasi-Kasus-Korupsi-Jombang-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments