Take a fresh look at your lifestyle.

KPK Borgol Koruptor Mulai 2019

0 1
KPK Borgol Koruptor Mulai 2019

Tangan terborgol (Foto: Memo)

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan gebrakan dalam memberangus tindak kejahatan korupsi di tanah air. Salah satunya dengan memborgol para koruptor dari rumah tahanan (Rutan) ke gedung KPK.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, pemborgolan itu dilakukan setiap menjalani pemeriksaan ke Gedung KPK. Hal itu guna memberikan efek jera kepada para koruptor.



“Untuk penindakan, sebagaimana telah diputuskan Pimpinan, KPK meningkatkan pelaksanaan pengamanan terhadap para tahanan KPK. Aturan tentang pemborgolan untuk tahanan yang keluar dari rutan mulai diterapkan,” kata Febri, ketika dikonfirmasi, Rabu (2/1).

Menurutnya, pemborgolan tahanan korupsi itu mulai diterapkan pada hari kerja pertama Tahun 2019 yang menjalani pemeriksaan untuk tahap penyidikan dan persidangan. Aturan pemborgolan ini juga diterapkan kepada para tahanan di Bandung yang menjalani pemeriksaan di persidangan.

“Dari informasi pihak pengawal tahanan, pelaksanaan ini mulai dilakukan di Bandung dan Jakarta hari ini. Baik untuk tahanan untuk persiapan persidangan dan dari rutan ke gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya sedang mengkaji sejumlah hal untuk memberikan efek jera terhadap koruptor yang ditangani lembaga antikorupsi. Salah satunya dengan memborgol tahanan yang keluar rutan.

“Jadi kita sudah punya Perkom (Peraturan Komisi) sebetulnya, Perkom itu mirip dengan teman-teman di kepolisian. Begitu menjadi tahanan dan menjadi tersangka kemudian keluar pemeriksaan diborgol begitu ya, mudah-mudahan ini diterapkan di 2019,” kata Agus, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12) lalu.

Tak hanya borgol, Agus menyatakan, terhadap sejumlah hal lain yang sedang dibahas pihaknya untuk menambah efek jera. Termasuk menerapkan sanksi sosial kepada koruptor. Untuk itu, Agus berharap adanya perubahan terhadap UU Tipikor agar sanksi sosial ini bisa diterapkan.

“Kita berharap ada perubahan thd uu kita yang mengatur sanksi sosial bisa saja kan melakukan tindakan menyapu pasar atau gimana begitu kan, bisa menjadi salah satu yang membuat orang kedepannya ya agak sungkanlah. Agak malu lah melakukan korupsi,” katanya.

TAGS : KPK Borgol Koruptor Kasus Korupsi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/46216/KPK-Borgol-Koruptor-Mulai-2019/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments