Take a fresh look at your lifestyle.

Korut Kerahkan Rudal ICBM ke Pantai Barat

0 4
Korut Kerahkan Rudal ICBM ke Pantai Barat

Rudal balistik Intercontinental diarak oleh Pyongyang pada April (Foto: Sky News)

Jakarta – Pemerintah Korea Utara dikabarkan sedang menggerakkan rudal balistik antar benuanya (ICBM) menuju pantai baratnya. Berita itu dirilis oleh Harian Bisnis Asia Korea Selatan mengutip sumber intelijen, mengatakan roket tersebut terlihat bergerak pada Senin (5/9), sehari setelah uji coba nuklir keenam.

Fasilitas peluncuran rudal Korea Utara berada di pantai baratnya. Langkah tersebut dilakukan pada malam hari untuk menghindari pengawasan, menurut laporan tersebut.

Kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi laporan tersebut namun pada Senin (5/9) pihaknya sudah mewanti-wanti, Korea Utara akan meluncurkan rudal lebih banyak

Pada Juli, Korea Utara menguji dua ICBM yang mampu menguda sekitar 6.200 mil, dan menghantam bagian daratan AS. Kemudian Pada Selasa waktu setempat, Angkatan Laut Korea Selatan mengadakan latihan militer  di Laut Jepang.

Latihan melibatkan kapal selam 2.500 ton Gangwon, kapal patroli 1.000 ton dan kapal peluru berkapasitas 400 ton dengan kekuatan yang mampu menghalau serangan Korea Utara.

Kapten Choi Young-Chan, komandan Maritime Battle Group, mengatakan, ”Jika musuh meluncurkan provokasi di atas air atau di bawah air, kami akan segera menyerang balik untuk menguburnya di laut,” katanya

Korea Selatan juga melakukan diskusi dengan Amerika Serikat mengenai penggelaran kapal induk dan pembom ke Semenanjung Korea. Pada Senin (4/9), Amerika Serikat  menyepakati memangkas batas berat badan perang dengan misilnya, yang berarti dapat menyerang kembali tetangganya di utara dengan kekuatan yang lebih besar.

Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan negaranya tidak menginginkan konflik dengan rezim Pyongyang namun kesabarannya memiliki batasan.

Berbicara di Dewan Keamanan PBB, Haley mengatakan cukup, memperingatkan organisasi tersebut dengan pendekatannya untuk menerapkan sanksi inkremental terhadap Korea Utara yang tidak berhasil.

Perlu diketahui bawah uji coba bom hidurogen pada minggu diperkirakan sekitar lima kali lebih besar dari bom yang dijatuhkan di kota Nagasaki di Jepang pada Perang Dunia II dan ini menyebabkan gempa berkekuatan 6,3.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Korea Selatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21271/Korut-Kerahkan-Rudal-ICBM-ke-Pantai-Barat/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments