Take a fresh look at your lifestyle.

Korut Bersiap Sambut Rudal Kedatagan Trump ke Korsel

0 5
Korut Bersiap Sambut Rudal Kedatagan Trump ke Korsel

Pertunjukan rudal balistik Korea Utara

Seoul – Badan mata-mata Korea Selatan pada Kamis (2/11) mengatakan, Korea Utara merencanakan uji coba rudal menjelang kunjungan Presiden Amrika Serikat Donald Trump ke Seoul.

Sejak melepas rudal balistik yang bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bansa (DK PBB) di wilayah Jepang pada 15 September, ia tak lagi melakukan uji coba nuklir apa apun, jeda paling lama tahun ini.

Namun,  Dinas Intelijen Korea Selatan mendeteksi, sejumlah aktivitas, termasuk pergerakan kendaraan di fasilitas penelitian rudal Korea Utara di Pyongyang, menunjukkan tanda-tanda negara tesebut bersiap melakukan uji coba rudal. 

“Ada kemungkinan negara tersebut meluncurkan rudal terbaru, mengingat pergerakan aktif kendaraan di sekitar lembaga penelitian rudal di Pyongyang. Korut akan terus-menerus mendorong uji coba nuklir lebih lanjut ke depan untuk miniaturisasi dan diversifikasi hulu ledak,” kata badan intelijen tesebut, dilansir New York Post, Jumat (3/11)

Situs pengujian nuklir Korea Utara di kota Punggye-ri di barat laut itu bisa saja rusak akibat uji coba nuklir keenam dan terbesarnya pada 3 September, menurut Kim Byung-kee, Yi Wan-young dan Lee Tae-gyu, anggota parlemen Korea Selatan komite intelijen. Ledakan tersebut memicu gempa susulan dalam delapan menit dan tiga guncangan tambahan.

TV Jepang Asahi, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan terowongan di lokasi uji coba rudal runtuh setelah ledakan itu, yang menelan korban lebih dari 200 orang. Reuters, belum dapat memverifikasi insiden yang disebut Korea Utara salah dan memfitnah.

Terowongan ketiga di kompleks Punggye-ri tetap siap untuk uji coba rudal lainnya kapan saja, sementara terowongan keempat sedang direnovasi, sehingga dalam waktu dekat belum dapat dioperasikan,” tambahnya.

Trump akan mengunjungi lima negara Asia dalam beberapa hari mendatang. Kunjungan tersebut mencakup sekutu utama Korut, China, dan sekutu Ameriak Serikat lainnya, Jepang dan Korea Selatan.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Rudal Asia

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24201/Korut-Bersiap-Sambut-Rudal-Kedatagan-Trump-ke-Korsel/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments