Take a fresh look at your lifestyle.

Korsel Harap Bisa Berdamai dengan Korut

0 5
Korsel Harap Bisa Berdamai dengan Korut

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in (Foto: Reuters)

Jakarta – Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, saat pertemuan dengan Pemerintah Korea Utara, Kamis (19/04) mengatakan bahwa dua negara Korea berada pada posisi yang sama tentang “denuklirisasi penuh” dan tidak membuat tuntutan yang tidak masuk akal.

Moon menyatakan optimistis pada sikap Korut menjelang KTT antar-Korea pada tanggal 27 April dan pertemuan berikutnya antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

“Saat ini menunjukkan kesediaannya untuk denuklirisasi penuh untuk komunitas internasional,” katanya.

Menurutnya, pertemuan dengan Kim harus menjadi tonggak untuk “denuklirisasi, pembangunan rezim perdamaian permanen dan pembangunan berkelanjutan hubungan lintas batas.

Dia mengatakan perjanjian damai harus mendapat keputusan untuk mengakhiri gencatan senjata selama 65 tahun antara kedua pihak. Kedua Korea secara teknis tetap berperang, karena Perang Korea 1950-53 tidak berakhir dengan perjanjian damai.

Moon menambahkan bahwa dialog juga harus membuka jalan bagi keberhasilan KTT antara Amerika Serikat dan Korea Utara mengenai denuklirisasi.

“Ini lebih seperti meminta jaminan keamanan rezim dan mengakhiri kebijakan bermusuhan AS terhadap Korea Utara,” tuturnya.

Dia mengatakan, setelah denuklirisasi, pembentukan rezim perdamaian, atau normalisasi hubungan ASKorea Utara, tidak akan sangat sulit untuk mencapai “kesepakatan teoritis” untuk mendukung pengembangan ekonomi Korut, dengan kerjasama dari komunitas internasional.

Secara terpisah pada hari Kamis, Kementerian Unifikasi merilis panduan tentang istilah-istilah terkait perdamaian tentang Korea Utara. Kerangka prosedur, aturan, peraturan dan sistem yang memulihkan atau mempertahankan perdamaian akan bertujuan untuk meredakan titik-titik ketegangan politik, ekonomi dan militer dan memungkinkan ko-eksistensi damai Korea Selatan dan Utara.

TAGS : Korea Utara Korsel Denuklirisasi AS

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/32842/Korsel-Harap-Bisa-Berdamai-dengan-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments