Take a fresh look at your lifestyle.

Korsel Bertekad Perbaiki Hubungan dengan Korut

0 6
Korsel Bertekad Perbaiki Hubungan dengan Korut

Presiden Korea Selatan (L) dan Presiden Korea Utara (Foto: Yonhap News)

Jakarta – Jika Korea Utara tidak meluncurkan provokasi lain, Korea Selatan kemungkinan akan mengajukan berbagai tindakan untuk memperbaiki hubungan awal tahun depan.

Dilansir UPI, Pemerintah Korsel saat ini sedang merancang sebuah peta jalan rahasia untuk denuklirisasi, yang berisi berbagai taktik untuk menjangkau Utara.

Peta jalan ini disebut-sebut oleh panel penasihat Presiden Moon Jae In untuk urusan negara, yang mengumumkan bahwa rencananya akan selesai pada akhir tahun ini.

Menurut salah satu sumber, strategi tersebut bertujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah antar-Korea dengan mendorong tanggapan dari Pyongyang, daripada menunggu untuk mendeklarasikan denuklirisasi tersebut. 

“Semua proposal didasarkan pada asumsi bahwa Korea Utara tidak melakukan provokasi tambahan,” katanya.

Pilihan tersebut mencakup pembicaraan militer antar-Korea, mengurangi ketegangan di sepanjang Garis Demarkasi Militer, mencegah bentrokan disengaja di sepanjang garis gencatan senjata, kontrol senjata dan pengaturan militer lainnya.

Penundaan latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat juga telah dimasukkan dalam salah satu poinnya.

Ahli regional dan sektoral dikonsultasikan untuk merancang langkah-langkah untuk menanggapi tanggapan Beijing, Tokyo dan negara-negara tetangga terhadap berbagai skenario.

“Bantuan kemanusiaan dan reuni keluarga yang terpisah dianggap sebagai pilihan sekunder.”

Dari data yang dikeluarkan pihak Korsel, ada lebih dari 60.000 orang di Selatan yang telah terpisah dari anggota keluarga mereka di Utara selama hampir tujuh dekade, mengikuti Perang Korea.

20 pertemuan keluarga telah berlangsung dalam 17 tahun terakhir, setelah kedua Korea mengadopsi Deklarasi Bersama Utara-Selatan tanggal 15 Juni 2000. Namun, karena ketegangan antara Korea, pertemuan massa tersebut telah terhenti sejak 2015 lalu.

Namun, waktu hampir habis. Lebih dari separuh dari 130.000 orang yang mendaftar untuk reuni keluarga selama bertahun-tahun meninggal pada Agustus tahun ini.

TAGS : Korea Selatan Korut Perang Nuklir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26669/Korsel-Bertekad-Perbaiki-Hubungan-dengan-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments