Take a fresh look at your lifestyle.

Korea Utara Lakukan Uji Bom Hidrogen dengan Sempurna

0 2
Korea Utara Lakukan Uji Bom Hidrogen dengan Sempurna

Bom Hidrogen (Foto: Financial Tribune)

Jakarta – Pemerintah Korea Utara melakukan uji coba nuklir keenam dan paling kuat pada Minggu (3/9). Ia mengatan bom hidrogen merupakan lanjutan rudal jarak jauh.

Pengumuman dari Pyongyang terjadi beberapa jam setelah badan-badan seismik internasional mendeteksi  gempa buatan manusia di dekat lokasi uji Utara, yang menurut pejabat Jepang dan Korea Selatan sekitar 10 kali lebih kuat daripada gempa yang terjadi setelah uji coba nuklir terakhirnya setahun yang lalu, menurut laporan Reuters 

Tidak ada konfirmasi independen, bahwa rudal yang dilepas tersebut, adalah  bom hidrogen dari perangkat atom yang kurang kuat. Namun sekretaris kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan bahwa Tokyo tidak dapat mengesampingkan kemungkinan, itu adalah bom hidrogen.

Tes tersebut merupakan tantangan langsung bagi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, beberapa jam sebelumnya serelah menelfon Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tentang meningkatnya krisis nuklir di kawasan ini dan sebelumnya berjanji untuk menghentikan Korea Utara mengembangkan senjata nuklir yang dapat mengancam Amerika Serikat.

Korea Utara, yang melaksanakan program nuklir dan misilnya untuk menentang resolusi dan sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengatakan dalam  pengumuman di televisi pemerintah, sebuah tes bom hidrogen yang diperintahkan oleh pemimpin Kim Jong Un adalah kesuksesan sempurna.

Bom tersebut dirancang untuk dipasang pada rudal balistik antarbenua yang baru dikembangkan (ICBM), kata Korea Utara.

Korea Utara mengklaim pada Januari tahun lalu untuk menguji bom hidrogen miniatur, yang juga dikenal sebagai perangkat termonuklir, namun para ahli dari luar skeptis, menunjukkan, hal itu bisa menjadi perangkat pendukung, sebuah bom atom yang menggunakan beberapa isotop hidrogen untuk meningkatkan hasil eksplosif

Uji coba nuklir terbaru dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan regional menyusul dua tes Pyongyang ICBM pada Juli yang berpotensi terbang sekitar 10.000 km (6.200 mil), menempatkan banyak bagian daratan AS dalam jangkauan.

Seorang ahli mengatakan ,ukuran ledakan Minggu, yang diukur dengan Survei Geologi AS pada skala 6,3, berarti hal itu mungkin bisa menjadi tes bom hidrogen.

“Kekuatannya 10 atau 20 kali atau bahkan lebih banyak dari yang sebelumnya,“ kata Kune Y. Suh, seorang profesor teknik nuklir di Seoul National University. “Skala itu sampai pada tingkat di mana ada yang bisa mengatakan tes bom hidrogen.“

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Korea Selatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21233/Korea-Utara-Lakukan-Uji-Bom-Hidrogen-dengan-Sempurna/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments