Take a fresh look at your lifestyle.

Komisi Eropa Usulkan Aturan Baru untuk Platform Online

0 6
Komisi Eropa Usulkan Aturan Baru untuk Platform Online

Komisi Eropa

Jakarta – Komisi Eropa mengusulkan seperangkat aturan baru mengenai transparansi platform online dan kewajaran untuk melindungi usaha kecil dan pedagang.

Aturan baru mengharuskan penyedia layanan intermediasi online untuk membuat syarat dan ketentuan mereka untuk penggunaan profesional mudah dimengerti.

Secara khusus, aturan harus menjelaskan mengapa pengguna akan disiplin atau diskors dari platform online sebelum bergabung. Pengguna profesional juga harus diberikan pemberitahuan yang wajar sebelum syarat dan ketentuan diubah.

Penyedia juga diharuskan untuk mempublikasikan kebijakan umum tentang data apa yang dapat diakses melalui layanan mereka, siapa yang dapat mengakses data dan dengan ketentuan apa mereka dapat mengaksesnya. Transparansi bagaimana barang dan jasa diberi peringkat dalam hasil mesin pencari juga harus ditingkatkan di bawah aturan baru.

“Tujuan dari aturan baru ini adalah untuk menciptakan lingkungan bisnis yang adil, transparan dan dapat diprediksi untuk bisnis dan pedagang yang lebih kecil ketika menggunakan platform online,” ujar salah seorang pejabat Komisi Eropa dilansir UPI.

“Bisnis seperti hotel, pedagang yang berjualan online, pengembang aplikasi, dan perusahaan serupa lainnya yang bergantung pada mesin pencari google untuk menarik lalu lintas internet ke situs web mereka adalah di antara mereka yang akan mendapat manfaat dari aturan baru.”

Perubahan lain yang diusulkan adalah meningkatkan penyelesaian sengketa untuk menyelesaikan perselisihan secara lebih efektif melalui mediator yang berkualitas. Sebuah observatorium Uni Eropa juga akan dibentuk untuk memantau dampak dari aturan baru tersebut.

Empat puluh dua persen dari perusahaan kecil dan menengah yang menanggapi survei Eurobarometer baru-baru ini mengatakan mereka menggunakan pasar online untuk menjual produk dan layanan mereka.

Usulan legislatif pada Kamis dari aturan baru mengikuti bimbingan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dalam pengumuman State of the Union tahun lalu untuk memulai platform online yang “menjaga lingkungan bisnis yang adil, dapat diprediksi, berkelanjutan dan tepercaya dalam ekonomi online.”

Ini juga mengikuti tinjauan jangka menengah dari pasar digital yang mendesak legislator untuk mengambil tindakan.

“Platform dan mesin pencari adalah saluran penting bagi bisnis Eropa untuk menjangkau konsumen, tetapi kami harus memastikan mereka tidak menyalahgunakan kekuasaan mereka, dan dengan demikian membahayakan pengguna bisnis mereka,” kata Komisaris Eropa Mariya Gabriel.

“Kami mengambil langkah yang sangat penting dengan aturan yang jelas tentang transparansi, penyelesaian perselisihan yang efisien dan peluncuran observatorium untuk menganalisis praktik platform online secara lebih rinci. Memastikan bahwa platform dan mesin pencari memperlakukan bisnis lain secara adil sangat penting termasuk untuk mempromosikan kepercayaan dalam lingkungan platform online di UE. “

Komisi Eropa merupakan badan eksekutif Uni Eropa, yang berfungsi sebagai Badan pengelola situs yang dilindungi. Bersama Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa, badan ini adalah salah satu dari tiga institusi utama yang menjalankan pemerintahan Uni Eropa.

TAGS : Komisi Eropa Platform Online UE

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33292/Komisi-Eropa-Usulkan-Aturan-Baru-untuk-Platform-Online/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments