Take a fresh look at your lifestyle.

Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Terbang ke Tanah Suci

0 4
Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Terbang ke Tanah Suci

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas jemaah haji embarkasi Pondok Gede, Jumat (28/7)

Jakarta (Kemenag) – Kloter pertama jemaah haji Indonesia hari ini, Jumat (28/7) resmi dilepas Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ke Tanah Suci. Kloter pertama yang dilepas Menag dari embarkasi Jakarta Pondok Gede adalah jemaah haji asal Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 393 jemaah, terdiri dari 388 jemaah haji, satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta tiga orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Selain jemaah haji dari embarkasi Jakarta Pondok Gede, pada hari yang sama akan diberangkatkan jemaah haji dari 7 embarkasi lainnya, yaitu; Embarkasi Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Solo (SOC), Medan (MES), Padang (PDG) dan Makssar (UPG) dengan jumlah jemaah sebanyak 5.324 orang atau 13 kloter.

“Ibadah haji adalah ibadah yang amat sangat mengandalkan stamina fisik yang prima, karenanya menjadi keniscayaan tidak bisa tidak, kesehatan menjadi yang utama. Kita harus ingat bahwa puncak ibadah haji adalah wukuf di Arafah,” ujar Menteri Agama.

“Karena bapak/ibu sekalian adalah kloter awal yang akan tiba lebih dahulu di Madinah dan beberapa Minggu tinggal di Mekkah sebelum wukuf, maka mohon dijaga betul kesehatannya, jangan terlau diforsir untuk beribadah, mohon diimbangi dengan kondisi kesehatan kita,” tambahnya.

Selain menjaga kesehatan, hal lain yang tidak kalah pentingnya menurut Lukman selama di Tanah Suci, agar jemaah selalu berombongan saat bepergian.

“Usahakan mengajak teman satu regu, satu rombongan, dan selalu lapor kepada ketua regu dan rombongan ketika ingin ke Masjidil Haram sendiri atau tidak bersama-sama rombongan, namun diupayakan  untuk bersama-sama agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki,” kata Menag.

TAGS : Haji 2017 Menteri Agama

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19379/Kloter-Pertama-Jemaah-Haji-Indonesia-Terbang-ke-Tanah-Suci/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments