Take a fresh look at your lifestyle.

Kirab Pemuda Tuntaskan Perjalanan Mengukuhkan Kebhinekaan

0 5
Kirab Pemuda Tuntaskan Perjalanan Mengukuhkan Kebhinekaan

Kirab Pemuda 2017 di Blitar

Blitar – Setelah hampir tiga bulan mengelilingi berbagai wilayah di Nusantara, peserta Kirab Pemuda 2017 mengakhiri perjalannya di Kabupaten Blitar,  Jawa Timur. Blitar menjadi tempat singgah terakhir dari seluruh rangkaian kirab karena Kabupaten ini memiliki sejarah serta akar budaya yang kuat perjalanan bangsa Indonesia. 

Blitar memiliki potensi yang sangat luar biasa, nilai semangat perjuangan tokoh-tokoh besar seperti Raden Wijaya dan Bung Karno. Semangat mereka harus kita gunakan sebagai landasan untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, para pemuda harus memiliki semangat juang yang tinggi dan strategi yang hebat untuk dapat menjalankan kehidupan bernegara terutama bagi generasi muda,” kata Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, saat menyambut peserta kirab di halaman Candi Simping, Kademangan, Blitar, (5/12).  

Melalui kegiatan napak tilas di sejumlah tempat bersejarah di Kabupaten Blitar diharapkan peserta kirab dan generasi muda dapat ikut serta melestarikan dan mempelajari kekayaan wariqsan budaya bangsa dan menerapkan nilai nilai adiluhung nenek moyang. 

“Budaya yang kita miliki harus kita jaga dan lestarikan,  termasuk mengamalkan nilai nilai luhur bangsa sebagai modal perjuangan dan pembangunan Indonesia,” harap Rijanto. 

Kabupaten Blitar terkenal memiliki tempat tempat bersejarah yang berkaitan dengan perjalanan nusantara. Diantaranya candi Simping yang berada di wilayah Kademangan, Blitar. Candi Simping Merupakan tempat dimana abu pendiri Kerajaan Majapahit dan penggagas Nusantara I Raden Wijaya didharmakan. 

Selain Candi Simping,  Blitar juga menjadi tempat pemakaman proklamator Indonesia Ir Soekarno. Rangkaian puncak Kirab Pemuda 2017 di Kabupaten Blitar dilaksanakan selama tiga hari (5-7/12).

Selain menggali keindahan alam dan kekayaan budaya di Kabupaten Blitar,  puncak acara kirab akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan hiburan,  diantaranya, parade budaya, pemecahan rekor muri gerakan pemuda membaca kitab, serta pameran kreatif pemuda. 

Sedangkan puncak acara pada 7 Desember akan ditutup oleh Menpora Imam Nahrowi dan dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

TAGS : Kirab Pemuda 2017 Blitar

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25831/Kirab-Pemuda-Tuntaskan-Perjalanan-Mengukuhkan-Kebhinekaan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments