Take a fresh look at your lifestyle.

Kinerja Ormas Pendidikan Akan Dievaluasi Bertahap

0 5
Kinerja Ormas Pendidikan Akan Dievaluasi Bertahap

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melakukan evaluasi secara bertahap terhadap organisasi kemasyarakat (ormas) yang tergabung dalam Program Organisasi Penggerak (POP), yang diluncurkan baru-baru ini.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana hasil yang dicapai oleh organisasi dalam meningkatkan pembelajaran siswa.

“Secara berkala akan diseleksi, dan bagi yang tidak memenuhi target tidak akan lagi diikutkan dalam program. Jika dalam kurun waktu tertentu tidak menunjukkan hasil (yang baik) maka pendanaannya akan di stop. Ini proses yang organik dan dinamis,” kata Nadiem pada Kamis (12/3) dalam keterangannya di Jakarta.

Diterangkan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Praptono, mekanisme pengawasan yang akan dilakukan Tim Evaluator akan mengkaji sisi administrasi dan substansinya.

“Untuk memastikan program ini tidak lepas dari sisi akuntabilitas yang mengutamakan efektif dan efisien. Selanjutnya, tim evaluator memberi rekomendasi sebagai acuan untuk verifikasi lapangan pada periode 16 Mei-30 Juni mendatang,” jelas Praptono.

Lebih lanjut Praptono menjelaskan ada tiga termin monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan oleh Tim Evaluator independen yaitu base, middle dan akhir.

“Tim Evaluator akan meninjau organisasi pada tahun 2021 berdasarkan hasil laporan mereka di akhir Desember 2020. Begitu seterusnya selama tiga tahun berturut-turut,” urai dia.

Seperti diketahui, Program Organisasi Penggerak diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan. Untuk fase pertama 2020-2022, sasaran target dapat menjangkau 50.000 guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di 5000 PAUD, SD, dan SMP.

Terdapat tiga kategori dalam penerapan POP, yaitu Kategori Gajah, Kategori Macan, dan Kategori Kijang. Mekanisme seleksi pertama, akan mempertimbangkan kriteria yang dipilih organisasi beserta bukti pendukungnya.

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68810/Kinerja-Ormas-Pendidikan-Akan-Dievaluasi-Bertahap/

 
Media Pembelajaran Untuk Sekolah

Jasa Pembuatan E-Learning Terbaik

Software Media Pembelajaran untuk Sekolah

Sekolah Menggunakan Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments