Take a fresh look at your lifestyle.

Kim Jong-un Tiba di Korsel, Langsung Jabat Tangan Moon Jae-in

0 7
Kim Jong-un Tiba di Korsel, Langsung Jabat Tangan Moon Jae-in

Kim Jong-un (kiri) dan Moon Jae-in bertemu Jumat (27/4) pagi

Seoul – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhirnya tiba di Korea Selatan pada pukul 09.30 WIT. Ini merupakan kedatangan perdana pemimpin Korut, setelah kedua negara bersitegang sejak 1953 silam.

Dari video live streaming yang diputar Reuters, setibanya Kim di perbatasan Korsel-Korut langsung disambut oleh Presiden Moon Jae-in di atas hamparan karpet merah, dan diiringi senandung musik tradisional Korea Selatan.

Kedua pemimpin tersebut tampak berjabat tangan, sembari tersenyum kepada kamera awak media yang meliput pertemuan bersejarah itu.

Kedatangan Kim juga dikawal ketat oleh barisan militer yang sudah berjaga ketat sejak pagi. Setelah mengunjungi perbatasan, Kim dan Moon dijadwalkan kembali ke Seoul untuk menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), terkait hubungan kedua negara dan nuklir Korut.

Sementara di pusat kota Seoul, ratusan demonstran pro dan kontra KTT menggelar aksi. Masih ada nada skeptisisme, apakah Korut akan menutup sepenuhnya proyek nuklir mereka, atau kembali dengan program yang lebih masif.

Pernyataan bersama kedua negara, yang disebut Deklarasi Panmunjom akan dirilis pada Jumat (27/4) malam. Deklarasi itu diperkirakan berisi perjanjian perdamaian, denuklirisasi, dan peningkatan hubungan.

TAGS : Korea Utara Korsel KTT Kim Jong-un

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33299/Kim-Jong-un-Tiba-di-Korsel-Langsung-Jabat-Tangan-Moon-Jae-in/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments