Take a fresh look at your lifestyle.

Keunikan Desa Kriyan Banjar yang Hidup Harmonis dengan Alam

0 5
Keunikan Desa Kriyan Banjar yang Hidup Harmonis dengan Alam

Dirjen PDTu Kementerian Desa PDTT, Yoltuwu M. Johozua saat melakukan kunjungan ke pembangunan penangkaran burung kokokan ke Desa Kriyan Banjar,Gianyar Bali.

Gianyar – Setiap daerah memiliki kearifan lokal yang dijaga dan diyakini kelestarian dan kesejahteraan untuk warganya. Demikian pula dengan Desa Kriyan Banjar yang berada di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Bermula dari kedatangan burung kokokan yang singgah di desa yang sejuk tersebut sejak tahun 1965. Awalnya mereka hanya ikut transit sambil mencari tempat baru, namun karena warga tidak menolak kedatangan burung kokokan akhirnya menjadi tujuan permanen sesudah burung kokokan bermigrasi.



Kepala Desa Kriyan Banjar Petulu, Cokorda agung Satiadarma mengatakan warga desa dan burung kokokan bisa hidup saling berdampingan satu sama lain.

“Mereka bebas mau buat sarang-sarang di pohon yang ada di sini, kami sudah beradaptasi dengan kehadiran burung kokokan,” ujar Cokorda di Balai Budaya Desa Kriyan Banjar, Sabtu (7/7).

Berawal dari kepedulian warga desa pada habitat burung kokokan lah akhirnya tercetus ide untuk melindungi satwa tersebut dalam bentuk penangkaran.

Dalam pelaksanaannya, Cokorda mengatakan pihaknya menggunakan anggaran dari dana desa yang didapat dari pemerintah pusat.

“Tujuannya menjaga habitat burung dan menjaga kelestarian hutan desa dan fauna bisa berbaur dengan masyatakat hidup perdampingan,” ucap Cokorda. Tak heran jika keharmonisan alam dengan warga desa tersebut diganjar dua kali penghargaan Kalpataru.

Dirjen PDTu Kementerian Desa PDTT, Yoltuwu M. Johozua menyambut baik gagasan warga Desa Kriyan Banjar saat melakukan kunjungan ke pembangunan penangkaran burung kokokan.

“Saya angkat jempol buat warga desa Kriyan banjar atas inisiatifnya menyiasati program unggulan di desa melalui dana desa. Apa yang dikehendaki masyarakat itulah yang dibentuk, pemerintah tidak mencampuri sedikit pun seperti apa programnya,” ucapnya.

Yoltuwu melihat jika sumber daya lokal yang diunggulkan menjadi lebih baik kelak akan membangunn desa tersebut. “Tidak hanya fisik tetapi juga interaksi sosial antar warga yang akan terbentuk,” tambahnya.

TAGS : Kemendes Dana Desa Gianyar Bali

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/37322/Keunikan-Desa-Kriyan-Banjar-yang-Hidup-Harmonis-dengan-Alam/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments