Take a fresh look at your lifestyle.

Ketum PBNU Dukung Cak Imin, Sinyal untuk Jokowi

0 5
Ketum PBNU Dukung Cak Imin, Sinyal untuk Jokowi

Presiden Jokowi dan Ketum PKB Cak Imin

Jakarta – Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai calon wakil presiden (Cawapres) dalam kontestasi Pilpres 2019.

Menyikapi hal itu, Direktur Said Aqil Siroj Institute M. Imdadun Rahmat mengatakan, dukungan itu sebagai sinyal positif kepada Presiden Jokowi. Sebab, Kiai Said seperti menegaskan kepada kaum Nahdliyin bahwa Cak Imin adalah kader terbaik yang paling pantas didukung sebagai Cawapres.

Menurutnya, dukungan yang diberikan Ketum PBNU kepada Cak Imin memberi pesan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) memiliki hubungan lebih dekat ke PKB dari pada partai lain.

“Secara khusus, dukungan ini memberi sinyal kepada Jokowi dan partai pendukungnya untuk mempertimbangkan Cak Imin sebagai pilihan terbaik,” kata Imdadun, ketika dihubungi, Jumat (16/3).

Ia menegaskan, dukungan terbuka dari Kiai Said menunjukkan Cak Imin direstui penuh PBNU. “Selama ini Cak Imin juga dekat, runtang runtung dengan Kiai Makruf Amin. Lengkap sudah, Ketum Tanfidliyah dan Rois Aam kompak mendukung Cak Imin,” tegasnya.

Namun, menurut mantan ketua Komnas HAM ini, Cak Imin tidak boleh berpuas diri dengan dukungan anggota NU. Untuk meyakinkan Jokowi, Cak Imin harus betul-betul merepresentasikan muslim moderat secara keseluruhan.

Hal ini, kata Imdadun, strategis mengingat Jokowi yang oleh lawan politiknya distigma anti Islam, sangat membutuhkan wakil yang didukung luas oleh publik muslim religius.

“Ini bukan hal yang sulit, dengan didukung Kiai Said, Cak Imin bisa masuk dan menarik dukungan ormas-ormas Islam di bawah LPOI yang ketuanya Kiai Said sendiri. Cak Imin juga bisa masuk ke semua ormas Islam di bawah MUI. Kiai Makruf kan ketua umum MUI. Pintunya terbuka lebar,” tambah Imdadun.

Menutup tanggapannya, Imdadun menyarankan agar Cak Imin dan PKB segera mengumumkan dukungan resmi ke Jokowi. Hal ini penting untuk menepis isu PKB bermain dua kaki ke “Poros Islam” atau “Poros Ketiga”.

Isu ini tidak hanya merugikan posisinya di mata Jokowi dan partai koalisi pemerintah, tetapi juga di mata pendukung internalnya, khususnya Kiai Said dan Kiai Makruf yang merupakan tokoh Majlis Dzikir Hubbul Waton yang sejak awal mendukung Jokowi.

TAGS : Pilpres 2019 Presiden Jokowi Cawapres Muhaimin Iskandar

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/30722/Ketum-PBNU-Dukung-Cak-Imin-Sinyal-untuk-Jokowi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments