Take a fresh look at your lifestyle.

Ketua DPR Minta Tim Ekonomi Jokowi Atasi Kenaikan Harga Beras Medium

0 5
Ketua DPR Minta Tim Ekonomi Jokowi Atasi Kenaikan Harga Beras Medium

Ketua DPR, Bambang Soesatyo usai membuka World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) di Bali

Jakarta – Tim ekonomi Kabinet Kerja pimpinan Presiden Jokowi diminta untuk segera mengatasi laju kenaikan harga beras medium. Hal itu agar masyarakat kelas menengah bawah tidak dirugikan.

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, sebagai regulator, tim ekonomi Kabinet Kerja bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) harus segera memastikan kecukupan volume beras medium sesuai permintaan pasar.



“Memasuki pekan kedua November 2018, terjadi kenaikan harga beras medium akibat turunnya volume pasokan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC),” kata Bamsoet, melalui rilisnya, Jakarta, Senin (12/11).

Menurutnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman membenarkan kenaikan harga beras medium disebabkan anomali penggilingan beras medium menjadi premium. Karena anomali itu, terjadi kelangkaan beras medium di pasar.

“Bahkan Para pedagang beras juga mengkonfirmasi bahwa persentase terbesar dari stok di pasar saat ini adalah beras premium yang biasanya dikonsumsi kalangan menengah atas,” katanya.

Akibatanya, kata Bamsoet, pada beberapa pasar tradisional, dilaporkan bahwa harga beras medium sudah mencapai Rp 11.000 per kilogram. Padahal, per September 2018, harga beras medium masih di kisaran Rp 9.310 per kilogram

“Kelangkaan dan kenaikan harga beras medium itulah yang harus segera diatasi oleh tim ekonomi Kabinet Kerja dan Bulog. Masalah ini harus disikapi dengan sangat serius, karena 70 persen dari konsumsi masyarakat kelas menengah-bawah adalah beras medium,” kata Bamsoet.

Bamsoet menegaskan, ketersediaan beras medium harus segera dicukupi dan kenaikan harganya harus dihentikan agar kelompok masyarakat menengah-bawah tidak dirugikan.

“Untuk mengoreksi situasi pasar beras seperti itu, DPR berharap pemerintah bersama Bulog segera mengguyur pasar dengan memanfaatkan stok beras medium di gudang Bulog yang saat ini mencapai 2,7 juta ton,” lanjutnya.

TAGS : Beras Medium Impor Ketua DPR Bambang Soesatyo

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43770/Ketua-DPR-Minta-Tim-Ekonomi-Jokowi-Atasi-Kenaikan-Harga-Beras-Medium/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments