Take a fresh look at your lifestyle.

Kesepakatan Nuklir Iran, Trump Bilang, Bisa Buat Uni Eropa Tunduk

0 6
Kesepakatan Nuklir Iran, Trump Bilang, Bisa Buat Uni Eropa Tunduk

Presiden Amerika, Donald Trump (Foto: AFP / Saul Loeb)

Washington – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan Uni Eropa akan mendukung sanksi negaranya terhadap Iran. Namun, ia tetap mengizinkan Jerman dan Prancis menghasilkan uang dengan Teheran,  karena mampu melancarkan penekanan kepada Iran.

Ketika ditanya wartawan Fox News apakah Eropa akan mendukung strategi barunya di Iran, Trump menjawab, ia memiliki hubungan yang baik dengan pemimpin Prancis dan Jerman. “Mereka adalah teman baik saya. Saya bergaul dengan mereka semua, entah itu Emmanuel Macron atau juga Angela Merkel. Saya sangat menyukai orang-orang itu, “katanya.

Sedangkan, terkait Iran, Trump menekankan, “Saya mengatakan kepada mereka (Uni Eropa), Teruslah menghasilkan uang. Jangan khawatir tentang hal itu. Kami tidak membutuhkanmu  dalam hal ini.”

Trump mengungkapkan, “Eropa enggan mendukung dorongan anti-Iran dengan alasan ekonomi semata,” dilansir RT, Senin (23/10)

“Ketika Iran membeli barang-barang dari Jerman dan dari Prancis ini memungkinkan mereka menghasilkan miliaran dolar. Namun sebaliknya, ketika mereka (orang Iran) membeli barang-barang mereka, agak sulit bagi negara-negara tersebut untuk melakukan sesuatu,” jelas Trump

Karena itu, Presiden Amerika Serikat menyimpulkan, “Apakah mereka (Uni Eropa) melakukannya jika saya benar-benar berkeras? Saya yakin mereka akan melakukannya,”

Pada pertengahan Oktober, Trump mengumumkan, ia tidak akan menyatakan bahwa Iran mematuhi kesepakatan nuklir  yang dicapai pada tahun 2015 dengan mantan pemerintahan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan lima kekuatan dunia lainnya, Rusia, Prancis, Jerman, China dan Inggris.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan, kesepakatan Iran bukanlah kesepakatan bilateral dan bahwa hal itu tidak dapat diakhiri oleh satu negara pun.

Begitu pun, Inggris, Perancis dan Jerman mengeluarkan sebuah pernyataan bersama, menekankan, perjanjian nuklir itu berada dalam kepentingan keamanan nasional bersama, dan mereka berkomitmen terhadap kesepakatan tersebut dan pelaksanaannya sepenuhnya oleh semua pihak.

TAGS : Iran Amerika Serikat Uni Eropa Inggris

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23620/Kesepakatan-Nuklir-Iran-Trump-Bilang-Bisa-Buat-Uni-Eropa-Tunduk/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments