Take a fresh look at your lifestyle.

Kesenian Jadi Sarana Penguatan Pendidikan Karakter

0 12
Kesenian Jadi Sarana Penguatan Pendidikan Karakter

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan telah menyalurkan bantuan sarana kesenian kepada seluruh sekkolah di semua jenjang.

Pada 2018, program bantuan pemerintah yang sudah dilaksanakan selama tujuh tahun terakhir ini diberikan dalam dua tahap, dengan total satuan pendidikan yang medapatkan bantuan fasilitas kesenian sebanyak 4.537 sekolah.



Muhadjir mengatakan, pemberian fasilitas sarana kesenian ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mempelajari seni budaya, khususnya kesenian tradisional, sehingga tumbuh sikap apresiasi terhadap kesenian tradisional.

Selain itu, dukungan terhadap pembelajaran seni budaya dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk melestarikan kesenian tradisional, perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa, hingga dukungan terhadap ekspresi seni siswa agar sejalan dengan penguatan pendidikan karakter.

Kesenian ini maksudnya untuk mengasah estetika, kehalusan budi anak, dan bagian dari penguatan karakter. Ini penting dilaksanakan di jenjang pendidikan dasar,” ujar Muhadjir pada Rabu (19/7) di Jakarta.

Salah satu dampak pembelajaran kesenian adalah terasahnya akal budi siswa. Melalui pendidikan seni budaya, maka sikap peserta didik dalam merespon situasi dan menampilkan ekspresi dirinya akan nampak pada sikap dan perilaku yang positif dan mencerminkan keluhuran budi.

Sembari mencontohkan beberapa negara maju di dunia, Mendikbud optimistis pendidikan karakter mampu membawa Indonesia menjadi negara yang maju dan hebat. Untuk itu mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini mengajak para pendidik untuk tidak lagi menyepelekan pendidikan seni budaya sebagai bagian dari penguatan pendidikan karakter.

“Saya harap bapak dan ibu jadi mengerti kenapa kita berikan bantuan fasilitas kesenian ini. Jadi mohon dirawat dan dimanfaatkan dengan baik yang sudah diberikan,” pesan Mendikbud.

Pada 2017 lalu, Direktorat Kesenian Kemendikbud telah memfasilitasi 4.114 sekolah di seluruh Indonesia. Hafis Umar, Kepsek SMA Muhammadiyah 8, Tangerang Selatan, Banten yang menerima bantuan fasilitasi kesenian tahun lalu mengungkapkan rasa bangga terhadap para siswanya yang sukses tampil di depan Mendikbud malam ini.

Berawal dari bantuan fasilitasi kesenian pemerintah, saat ini kesenian Rampak Bedug menjadi kegiatan ekstrakurikuler unggulan di sekolah yang terletak di perbatasan Jakarta dan Tangerang-Banten tersebut. Dijelaskan Kepsek Hafis, para siswa yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler ini menunjukkan sikap dan karakter positif.

“Mereka kalau saya lihat, jadi lebih disiplin, mandiri, percaya diri, dan punya rasa kecintaan pada budayanya,” tutur Kepsek Hafis.

TAGS : Pendidikan Kesenian Karakter Kemdikbud

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/37933/Kesenian-Jadi-Sarana-Penguatan-Pendidikan-Karakter/

 

Kelompok Bermain (KB) di Tanah Baru Depok

Sekolah TK Islam Terbaik di Depok

Sekolah SD Terbaik

Sekolah SD Swasta terbaik di Depok

Sekolah SD favorit di Depok

Daftar Sekolah SD terbaik di Depok

Sekolah SD Unggulan di Depok

Lokasi Media Pembelajaran Terbaik

Lokasi Jasa Pembuatan Elearning Terbaik

Lokasi Sistem Media Pembelajaran Terbaik

Info Lengkap Media Pembelajaran Sekolah Terbaik

Lokasi Software Media Pembelajaran Terbaik

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments