Kementan Bidik Sorgum jadi Pangan Alternatif pada 2020

Kementan Bidik Sorgum jadi Pangan Alternatif pada 2020

Tanaman Sorgum (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Pertanian (Kementan) membidik sorgum jadi salah satu pangan alternatif di tahun 2020. Saat ini, Kementan sudah meluncurkan program bantuan sorgum.  

“Sorgum salah satu tanaman yang akan kita alokasikan bantuan benih, karena tanaman ini banyak manfaatnya,” kata Direktur Serealia, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan, Bambang Sugiharto di Jakarta, Sabtu (21/9).



Sorgum atau yang dikenal dengan nama latin Sorghum bicolor (L.) Moench pada 1970 sudah mulai banyak di budidaya kan di Indonesia. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 15 ribu hektarE tersebar di Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung pengganti terigu dan lainnya.

Kepala Seksi Intensifikasi Jagung dan Serealia Lain, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan, Ahmad Yusuf, mengatakan, daerah penghasil sorgum dengan pola pengusahaan tradisional terdapat di daerah Purwodadi, Pati , Demak, Wonogiri, Gunung Kidul, Kulon Progo, Lamongan, Bojonegoro, Tuban dan Probolinggo

“Tahun 2020 sudah kita alokasikan 5.000 hektare. Ini bukti keseriusan kami mengembangkan sorgum,” ujarnya.

Yang menarik dari sorgum, kata Yusuf, adalah tidak adanya kandungan gluten seperti tepung terigu. Dengan demikian, komoditas pangan ini tentu banyak yang cari karena sekarang sudah banyak yang beralih ke trend hidup sehat dengan diet gluten seperti di Eropa dan Jepang.

“Sorgum yang kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan ini patut untuk terus dikembangkan sebagai pangan alternatif yang menyehatkan,” terangnya.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Komoditas Sorgum

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/59653/Kementan-Bidik-Sorgum-jadi-Pangan-Alternatif-pada-2020/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz