Take a fresh look at your lifestyle.

Kebijakan Trump Tak Ganggu Bisnis Eropa dengan Iran

0 6
Kebijakan Trump Tak Ganggu Bisnis Eropa dengan Iran

Rex Tillerson (Foto: Getty Images)

Jakarta – Sekretaris Negara Bagian Amerika Serikat, Rex Tillerson mengatakan administrasi Trump tidak berusaha mengganggu kesepakatan bisnis Eropa dengan Iran. Menyusul, penolakan Presiden Donald Trump pekan lalu mengesahkan kesepakatan nuklir Iran, menurut artikel yang diterbitkan oleh The Wall Street Journal.

“Presiden cukup jelas, bahwa bukan maksudnya untuk mengganggu kesepakatan bisnis yang mungkin dilakukan Eropa dengan Iran,” kata Tillerson dalam wawancara di kantor Departemen Luar Negerinya.” Ia mengatakannya dengan jelas,” Tidak apa-apa, kalian ingin melakukan apa yang ingin kalian lakukan,” dilansir Tehran Time, Sabtu (21/10)

Komentar tersebut muncul setelah Trump pekan lalu menolak untuk memastikan kepatuhannya terhadap kesepakatan nuklir, yang disepakati Amerika Serikat dan lima negara lainnya, termasuk Inggris, Prancis dan Jerman, setelah lebih dari satu dekade diplomasi

Kongres memberikan Amerika Serikat waktu 60 hari untuk memutuskan apakah akan mengajukan kembali sanksi ekonomi kepada Iran yang diangkat berdasarkan kesepakatan tersebut sebagai imbalan atas penskalaan program nuklir negara tersebut.

Tillerson mengatakan, akan memimpin dalam menangani masalah tersebut dengan sekutu.

“Kami sudah bekerja dengan orang-orang Eropa selama enam bulan,” kata Tillerson. “Mereka dibawa bersamaan dengan proses berpikir yang sama. Ini tidak berarti, mereka harus sepenuhnya setuju dengan hal itu. Sekarang, kita akan memulai proses yang lebih formal dengan mereka  setelah kebijakan tersebut keluarkan. “

Komtar Tillerson tampak  untuk meredakan kekhawatiran Eropa, Washington sengaja menciptakan ketidakpastian tentang masa depan kesepakatan nuklir untuk menekan bank-bank dan perusahaan-perusahaan Eropa agar menjauh dari Iran.

Awal tahun ini, Gedung Putih mengatakan, Trump  memberi tahu pemimpin lain dalam sebuah pertemuan Kelompok 20 di Jerman, bahwa mereka seharusnya tidak berbisnis dengan Iran, meskipun menghapus sebagian besar sanksi internasional berdasarkan kesepakatan nuklir.

Diplomat Eropa  mengatakan, dengan menolak Iran mendapatkan keuntungan ekonomi dari kesepakatan nuklir tersebut, kebijakan Washington dapat meyakinkan Teheran untuk berpaling dari kesepakatan tersebut.

TAGS : Iran Kesepakatan Nuklir Amerika Serikat Eropa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23563/Kebijakan-Trump-Tak-Ganggu-Bisnis-Eropa-dengan-Iran/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments