Take a fresh look at your lifestyle.

Kasus Khashoggi Bikin Saham Saudi Anjlok

0 4
Kasus Khashoggi Bikin Saham Saudi Anjlok

Ilustrasi pasar saham

Jakarta – Pasar saham Arab Saudi jatuh Minggu karena para investor khawatir tentang memburuknya hubungan dengan komunitas internasional setelah hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi

Setelah hampir dua jam perdagangan indeks turun 7,0 persen (setara dengan sekitar $ 33 miliar) penurunan terbesar sejak Desember 2014, ketika harga minyak jatuh. Saham produsen petrokimia terbesar di kawasan itu, Saudi Basic Industries, jatuh 7,9 persen.



“Ini lingkungan politik. Pasar bereaksi negatif terhadap sentimen seputar kasus Khashoggi dan kebisingan politik di sekitarnya, ”kata Salah Shamma, kepala investasi untuk kawasan di Franklin Templeton Emerging Markets Equity, manajer dana global besar dilansir Memo.

Shamma mencatat bahwa situasi fundamental ekonomi Saudi sejauh ini tidak terpengaruh. Tetapi para pedagang regional mengatakan spekulasi bahwa kasus Khashoggi mungkin menghalangi beberapa arus masuk investasi asing. Dan reaksi di Kongres AS dapat menyebabkan sanksi AS terhadap beberapa orang Saudi telah memicu kepanikan penjualan saham oleh beberapa investor lokal.

“Tampaknya akun internasional menghukum bursa Saudi,” tambah broker regional.

Khashoggi, seorang kritikus terkemuka dari Riyadh dan seorang warga AS, menghilang pada 2 Oktober setelah mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul. Turki percaya dia sengaja dibunuh di dalam gedung dan tubuhnya dihapus. Namun Riyadh telah menepis klaim tersebut.

Perusahaan-perusahaan media dan beberapa eksekutif teknologi telah menarik diri dari konferensi investasi Saudi utama yang dijadwalkan minggu depan di Riyadh karena kemarahan yang meningkat atas hilangnya itu.

Pasar saham lainnya di Teluk dibuka lebih tinggi pada hari Minggu tetapi mulai jatuh saat Riyadh jatuh, dengan indeks Dubai tenggelam 1,4 persen.

TAGS : Saudi Saham Khashoggi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42264/Kasus-Khashoggi-Bikin-Saham-Saudi-Anjlok/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments