Take a fresh look at your lifestyle.

Kartini "Zaman Now" Berdaya di Bidang Pendidikan dan Ekonomi

0 6
Kartini "Zaman Now" Berdaya di Bidang Pendidikan dan Ekonomi

Dharma Wanita Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Jakarta – Seiring dengan perkembangan zaman, perempuan dituntut berani tampil ke permukaan. Sudah bukan masanya lagi perempuan hanya berdiam diri di rumah, dan menggantungkan seluruh hajatnya kepada suami.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Dharma Wanita Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Budiarti. Perempuan dalam sudut pandang Budiarti, mau tak mau harus meninggalkan pola pikir gaya lawas dalam menyikapi perannya di keluarga.

Budiarti mengungkapkan, zaman menuntut perempuan mandiri di bidang pendidikan. Dan hal ini, dinilai sudah menunjukkan perkembangan positif, menengok ada banyak perempuan menggandrungi berbagai institusi pendidikan di Tanah Air.

Pendidikan merupakan aspek penting dalam membentuk pola pikir. Sehingga perempuan terdidik, akan memandang bahwa dia bisa berperan secara aktif di masyarakat, terutama dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi.

“Ketika perempuan mandiri, maka dia bisa lebih siap menghadapi perekonomian yang turun naik. Tidak tergantung dengan suami,” kata Budiarti kepada awak media di Bazaar Kartini, Jakarta beberapa waktu lalu.

Di kedua bidang itulah, kata Budiarti, perempuan Indonesia bisa menjadi sosok Kartini ‘zaman now’. Apalagi, kesetaraan gender di Indonesia dewasa ini sudah semakin baik, yang dampaknya perempuan mampu memperoleh akses ke seluruh bidang, mulai dari politik, pendidikan, hingga ekonomi.

Perempuan Indonesia itu bisa maju. Bukan hanya mengurus rumah tangga, tapi dalam bidang pendidikan, ekonomo, dan lainnya juga bisa,” pungkasnya.

TAGS : Hari Kartini Perempuan Pemberdayaan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/32915/Kartini-Zaman-Now-Berdaya-di-Bidang-Pendidikan-dan-Ekonomi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments