Take a fresh look at your lifestyle.

Kanada Tegaskan Dukungan kepada Demonstran Iran

0 4
Kanada Tegaskan Dukungan kepada Demonstran Iran

Seorang wanita menghindari bom asap dari polisi Iran (foto: AFP)

Ottawa – Pemerintah Kanada mendukung aksi demonstrasi warga Iran. Dukungan ini disampaikan saat aksi di seluruh negeri tersebut memasuki hari kelima, Senin (1/1).

Kanada mendorong rakyat  Iran yang menjalankan hak dasar mereka untuk melakukan demonstrasi secara damai,” kata Global Affairs Canada dalam sebuah pernyataan tertulis.

Kanada juga meminta pemerintah Iran untuk menghormati hak asasi manusia (HAM) dan demokrasi. Selain itu, Kanada juga akan terus mendukung hak-hak fundamental warga Iran, termasuk hak kebebasan berekspresi,” sambungnya, dilansir  dari Al Arabiya, Senin (1/1)

Protes di Iran berlanjut tanpa henti pada Minggu (31/12), meskipun ada langkah pemerintah untuk memblokir akses ke Instagram dan aplikasi pesan media sosial lainnya yang digunakan oleh para aktivis.

Dalam beberapa hari terakhir kota-koba besar di Iran dibanjiri demonstran menyusul kenaikan harga bahan pokok hingga 40 persen. Selama demonstrasi, mereka meminta pemerintah membantu mengendalikan kenaikan harga pangan dan inflasi.

Menurut Reuter, sejauh aksi unjuk rasa ini, sudah ada dua orang yang meninggal dunia, meski peluknya belum diketahui. Sementara, Anadolu menyebut sekitar 200 demonstran di tahan di ibu kota Iran, Tehran. 

Untuk dikehtaui, demontrasi di Tehran dibolehkan sesuai dengan Pasal 27 Konstitusi Iran, bahwa pertemuan publik dan pawai diperbolehkan selama para peserta tidak membawa senjata dan tidak melanggar prinsip-prinsip dasar Islam.

TAGS : Iran Kanada

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27164/Kanada-Tegaskan-Dukungan-kepada-Demonstran-Iran/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments