Take a fresh look at your lifestyle.

Kanada Ancam Bekukan Kesepakatan dengan Saudi

0 4
Kanada Ancam Bekukan Kesepakatan dengan Saudi

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Foto: Financial Tribune)

Jakarta – Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan siap untuk membekukan kesepakatan senjata besar dengan Arab Saudi jika itu menyimpulkan senjata telah disalahgunakan.

Hal itu dikatakan Justin Trudeau pada Senin, di tengah meningkatnya tekanan untuk menghukum Riyadh atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.



Komentar Trudeau mengisyaratkan Ottawa mungkin menghentikan kontrak tahun 2014 bahwa unit pembuat senjata AS Kanada, General Dynamics Corp, menang untuk memasok kendaraan lapis baja ringan, yang bernilai hingga $ 13 miliar.

“Kami sangat menuntut dan berharap bahwa ekspor Kanada digunakan dengan cara yang sepenuhnya menghormati hak asasi manusia,” kata Trudeau di Parlemen dilansir Memo.

“Kami memiliki izin ekspor beku sebelumnya ketika kami memiliki kekhawatiran tentang penyalahgunaan potensial mereka dan kami tidak akan ragu untuk melakukannya lagi,” tambahnya.

Oposisi kiri Partai Demokrat Baru, yang akan bersaing untuk pemilih yang sama dengan Trudeau pada pemilihan 2019 mengatakan Kanada tidak boleh mempersenjatai Saudi ketika mereka menyerang sasaran sipil di Yaman.

Trudeau mengutuk kematian Khashoggi dan mengatakan Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland telah berbicara dengan sekutu untuk membahas langkah selanjutnya.

Pada Senin, Trudeau mengadakan pertemuan khusus para menteri dan pejabat pemerintah untuk membahas masalah ini.

Kanselir Jerman Angela Merkel pada Senin menyebut pembunuhan itu tindakan bejat dan bersumpah untuk menghentikan ekspor senjata Jerman ke Arab Saudi sampai kasus itu diselesaikan.

Freeland mengatakan bahwa penjelasan kerajaan tentang kematian Khashoggi di konsulatnya di Istanbul tidak memiliki kredibilitas.

“Ada pertanyaan yang sangat penting tentang seluruh hubungan dengan Arab Saudi yang perlu ditanyakan,” katanya.

Ditanya mengapa Ottawa akan terus maju dengan kesepakatan persenjataan yang diberikan peristiwa baru-baru ini, Freeland menjawab: “Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus” tetapi menolak untuk lebih spesifik.

Hubungan antara Kanada dan Riyadh telah tegang sejak sengketa diplomatik atas hak asasi manusia awal tahun ini.

Pada bulan Agustus, Arab Saudi membekukan hubungan dengan Ottawa setelah Kanada mendesak pembebasan aktivis hak-hak sipil yang dipenjara di kerajaan itu. Sebuah tweet urusan luar negeri Kanada diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan dikirim oleh kedutaannya di Riyadh, membuat marah penguasa Saudi.

TAGS : Kanada Arab Saudi Khashoggi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42670/Kanada-Ancam-Bekukan-Kesepakatan-dengan-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments