Take a fresh look at your lifestyle.

John Kerry Sarankan Trump Belajar Kesepakatan Nuklir Lewat Bukunya

0 3
John Kerry Sarankan Trump Belajar Kesepakatan Nuklir Lewat Bukunya

Mantan Sekretaris Negara AS John Kerry (foto: Memo)

Tehran – John Kerry, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) era Barack Obama akhirnya angkat bicara soal cuitan Donald Trump yang menanggapi pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Iran,  Mohammad-Javad Zarif.

Kerry meminta Trump untuk memikirkan masalah hukumnya sendiri daripada mengurusi pertemuannya dengan Zarif.



“Tuan Presiden, Anda mendingan khawatir soal pertemuan Paul Manafort dengan Robert Mueller daripada pertemuan saya dengan Menlu Iran,” tulis Kerry melalui akaun Twitter miliknya.

Kerry juga menulis di akun yang sama, bahwa jika Trump ingin mempelajari perihal `perjanjian nuklir yang membuat dunia lebih aman`, ia harus membeli buku barunya `Every Day Is Extra`.

Sekadar diketahui, Trump memprotes pertemuan Kerry dengan Zarif. Pasangan Melania itu menuding Kerry melakukan pertemuan ilegal dengan Iran yang dapat merugikan rakyat Amerika.

“Kerry mengatakan kepada mereka (Iran) untuk menunggu Administrasi Trump! Apakah ia terdaftar di bawah Undang-Undang Pendaftaran Agen Asing? BURUK!” tulis Trump.

Pada Jumat (14/9), USA Today, menyebut, Paul Manafort, mantan manajer kampanye Trump, mengaku bersalah atas dua tuduhan konspirasi kejahatan. Ia  bekerja sama dengan Mueller dan timnya.

USA Today menambahkan, Manafort telah memiliki hubungan keuangan dan profesional yang luas dengan Rusia dan dengan politisi yang didukung Kremlin di bekas Republik Soviet selama lebih dari satu dekade. Ia sangat akrab dengan interaksi keuangan antara Rusia dan Amerika, termasuk mungkin Donald Trump.

Melalui wawancara radio minggu ini, kata Kerry, sejak meninggalkan jabatannya, ia mengadakan pertemuan “tiga atau empat” dengan Zarif. Dalam pertemuan tersebut, ia mengataku berdiskusi kesepakatan nuklir

“Ia, tentu saja, mengatakan pembicaraan itu tepat, memberi tahu Fox News bahwa setiap sekretaris negara, mantan menteri luar negeri terus bertemu dengan para pemimpin asing, pergi ke konferensi keamanan, berkeliling dunia,” sambungnya.

Petemuan Kerry dan Zarif adalah bagian dari negosiasi dua tahun yang mengarah pada Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCOPA) pada tahun 2015. Dilanggar berulang kali  AS, kesepakatan itu, juga disebut Kesepakatan Iran. (IRNA)

TAGS : Iran Amerika Serikat Javad Zarif John Kerry

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/40820/John-Kerry-Sarankan-Trump-Belajar-Kesepakatan-Nuklir-Lewat-Bukunya/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments