Take a fresh look at your lifestyle.

JK Akui Kazakhstan Punya Pengalaman Pindah Ibu Kota Negara

0 5
JK Akui Kazakhstan Punya Pengalaman Pindah Ibu Kota Negara

Wapres Jusuf Kalla

Astana – Urusan pemindahan ibu kota rupanya sudah pernah dialami oleh Kazakhstan. Karena itu, pemerintah Kazakhstan menawarkan bantuan, bila Indonesia menginginkan jasa atas pengalaman tersebut.

Hal ini terkemuka dalam pertemuan bilateral antara Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dengan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (OKI), tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, di Astana, Minggu (10/9).

“Saya bilang begini, boleh tidak jadi penasehat? Yang menariknya, mereka justru dalam keadaan ekonomi yang sangat sulit waktu itu memindah ibu kota. Mereka bilang dengan senang hati, kirim saja orang ke sini. Nanti saya kasih tahu bagaimana caranya. Semacam studi bandinglah,” ujar Wapres Kalla.

Selain itu, Wapres Kalla juga mengungkapkan bahwa kedua negara juga membicarakan soal peningkatan hubungan ekonomi. Kedua negara, kata Kalla, sepakat meningkatkan arus perdagangan dan investasi dua arah.

Sementara di bidang perdagangan, Kazakstan menawarkan pemanfaatan jaringan KA Astana-RRT guna mengatasi kendala transportssi dan geografis, mengingat Kazakstan sebuah negara tanpa pelabuhan.

Sebaliknya Indonesia menawarkan partisipasi bank-bank syariah Indonesia dalam pengembangan sektor finansial di Astana.

Sebelumnya Wapres mengatakan bahwa kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Kazakhstan memang masih kecil baru sekitar 25 juta dolar. Karenanya masih besar kemungkinan antarkedua negara untuk meningkatkan kerja sama tersebut.

Kazhakstan sukses membangun kota baru Astana sebagai sebuah ibu kota pengganti kota Almaty. Astana disulap menjadi kota futuristik yang cantik, jalan jalan yang lebar salah satunya ruas jembatan menyerupai Semanggi di Jakarta. Arsitektur kota Astana, mengadopsi gaya Rusia, mediterania, Eropa dan Cina.

Di kota kebanggaan warga Kazhakstan, tersebut kini berlangsung KTT OKI tentang Iptek yang dihadiri sekitar 20 kepala negara dan juga Astana Expo 2017. (Ant)

TAGS : Kazakhstan Pemindahan Ibu Kota Negara Jusuf Kalla

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21557/JK-Akui-Kazakhstan-Punya-Pengalaman-Pindah-Ibu-Kota-Negara/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments