Take a fresh look at your lifestyle.

Jenis Ikan Hias Berukuran Kecil Di Air Tawar

0 0

Ikan hias air tawar saat ini menjadi peliharaan yang masih populer di Indonesia. Banyak orang yang berburu ikan hias untuk dijadikan sebagai koleksi di aquariumnya.
Ikan hias yang banyak diburu adalah ikan hias dengan ukuran kecil dengan bentuk yang unik dan warna yang indah. Salah satu jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia adalah Ikan Cupang. Ikan ini mempunyai bentuk yang unik dengan warna yang sangat beragam.
Sebenarnya selain ikan cupang, masih banyak jenis ikan hias air tawar yang mempunyai bentuk indah. Anda yang ingin memelihara ikan hias bisa memperimbangkan jenis ikan lainnya ini.

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Ukuran Kecil dengan Bentuk Unik

Untuk Anda yang ingin memelihara ikan hias dengan ukuran kecil selain ikan cupang, Anda bisa memilih salah satunya dari daftar berikut:

1. Ikan Guppy

Ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan cere dan merupakan ikan yang paling mudah untuk ditemukan. Merawat ikan ini juga mudah karena ikan cere mudah untuk beradaptasi dan bisa hidup di berbagai jenis air.
Ikan dengan nama ilmiah Poecilia reticulata ini mempunyai warna sisik dan ekor yang cerah. Dibandingkan dengan ikan betina, warna dari ikan jantan jauh lebih cerah.
Panjang maksimal dari ikan ini hanyalah 3,5 cm. Ukurannya yang kecil membuatnya bisa diletakkan di aquarium kecil ataupun toples kecil. Untuk pakannya juga tidak sulit, cukup dengan pelet ikan biasa saja.

2. Corydoras Catfish

Salah satu ikan hias air tawar yang jinak dan bisa disatukan dengan ikan hias lainnya adalah Corydoras Catfish. Sesuai dengan namanya, ikan ini mempunyai ciri khas berupa kumis yang panjang.
Ikan Corydoras ini termasuk ikan yang ramah dan tidak agresif. Jenis ikan ini cocok untuk diletakkan dalam aquarium bersama dengan ikan lainnya.
Memelihara ikan ini juga mudah karena pakannya juga tidak sulit, Anda bisa memberinya palet biasa.

3. Ikan Molly

Ikan Molly merupakan salah satu ikan kecil dengan warna yang cerah dan unik. Jenis ikan ini mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya.
Molly termasuk ikan omnivora yang bisa makan apa saja. Hal ini tentu membuat Anda mudah untuk memeliharanya. Ukuran dari ikan ini bisa mencapai 12 cm tapi rata-rata hanya sekitar 7 sampai 8 cm saja.
Berbeda dengan ikan lainya, Molly tidak bertelur melainkan melahirkan. Ikan Molly mudah untuk bereproduksi sehingga mudah dikembang biakkan. Untuk pecinta ikan pemula, jenis ikan ini sangat cocok untuk dipelihara.

4. Angelfish

Angelfish - Wartawan Id

Angelfish atau ikan bidadari merupakan jenis ikan hias yang masuk dalam keluarga ikan discus. Panjang ikan ini bisa mencapai 15 cm dengan warna tubuh yang unik.
Ikan ini termasuk ikan yang suka bergerombol dan hidup secara berkelompok. Jadi, jika Anda ingin memeliharanya sebaiknya jangan cuma 1 ekor saja.
Walaupun suka bergerombol tapi ikan ini kurang ramah dengan ikan jenis lainnya. Sebaiknya Anda tidak memasukkan banyak ikan dalam aquarium ikan ini.
Harga ikan hias air tawar ini termasuk cukup tinggi sehingga selain dipelihara Anda bisa menjualnya.

5. Ikan Platy

Platy merupakan jenis ikan hias berukuran kecil yang unik dengan warna-warni yang cerah. Jenis ikan ini sangat banyak diminati karena bentuk dan ukurannya yang tidak terlalu besar.
Ikan platy hidup bergerombol dan termasuk ikan yang ramah. Jenis ikan ini cocok untuk dipelihara bersama dengan ikan Molly dan Guppy.
Platy termasuk ikan omnivora yang bisa makan apa saja. Namun ikan platy lebih suka dengan makanan hidup seperti cacing. Agar ikan ini tumbuh dengan baik sebaiknya Anda sering beri makan makanan hewani.

6. Ikan Zebra

Nama lain dari ikan zebra adalah Danios Zebra. Sesuai dengan namanya warna dari ikan ini menyerupai zebra dengan garis-garis warna putih. Bentuk dari ikan ini juga unik yaitu memanjang dan jika diperhatikan hampir mirip dengan ikan teri.
Ikan ini termasuk ikan yang suka bergerombol dan mudah stres jika hidup sendirian. Oleh karena itu, pastikan jika ingin memeliharanya minimal ada 5 ekor di dalam aquarium Anda.
Keunikan dari ikan ini adalah bisa melompat cukup tinggi. Jadi Anda yang ingin memelihara ikan ini harus menutup bagian atas aquarium agar ikan tidak loncat keluar.

7. Goldfish

Goldfish - Wartawan Id

Goldfish merupakan ikan mas dengan bentuk yang kecil sehingga termasuk dalam ikan hias. Bentuk dari ikan ini unik dan bagus sehingga cocok untuk diletakkan di aquarium rumah Anda.
Cara merawat ikan ini juga sangat mudah karena pakannya hanya pelet tabur saja. Anda juga bisa mencampurkan ikan ini dengan ikan jenis lainnya. Aquarium Anda akan semakin berwarna dengan adanya ikan ini.

8. Ikan Diskus

Discus termasuk ikan hias yang unik karena bentuknya yang bulat pipih. Warna dari ikan ini juga beragam dengan karakter yang terang menyala.
Ikan yang berasal dari perairan Amazon ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara. Untuk makanan ikan ini bisa apa saja, baik pelet maupun pakan hewani.
Namun untuk Anda yang baru mulai memelihara ikan sebaiknya jangan memelihara ikan jenis ini terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan perawatan dari ikan ini cukup sulit dan membutuhkan teknik khusus.
Anda juga tidak bisa mencampur ikan ini dengan ikan lainnya karena ikan discus termasuk ikan yang agresif. Jika ingin mencampur sebaiknya campurkan dengan ikan yang sejenis saja.

9. Killifish

Killifish termasuk salah satu ikan hias langka yang mempunyai bentuk unik dengan warna yang cerah. Ikan ini juga tidak mudah ditemukan sehingga membuat harganya cukup mahal.
Warna dari ikan ini mempunyai keunikan dan terus berubah sejak usianya 3 bulan sampai dengan 5 tahun. Panjang maksimal dari ikan bernama latin Austrolebias affinis ni adalah 2,9 cm.
Untuk memelihara ikan ini Anda harus menyiapkan aquarium khusus dan dirawat dengan benar. Perawatan yang dilakukan juga harus tepat agar ikan bisa bertahan hidup dan tidak mati.

10. Ikan Swordtail atau Ikan Pedang

Ikan ini merupakan ikan hias dengan bentuk ekor yang unik menyerupai pedang. Hal inilah yang membuat ikan ini dinamakan dengan ikan pedang atau swordtail.
Bentuk tubuh dari ikan pedang ini hampir sama dengan ikan guppy, namun ukurannya jauh lebih besar. Panjang ikan pedang ini bisa mencapai 13 cm.
Berbeda dengan jenis ikan lainnya, ikan pedang berkembang biak dengan dengan cara bertelur dan melahirkan. Ikan pedang yang akan bertelur di dalam perutnya kemudian telur yang sudah menetas langsung dilahirkan.
Jika ikan ini sudah melahirkan sebaiknya Anda memisahkan anakan dan induknya. Hal ini dikarenakan ikan pedang sering memakan anaknya sendiri.

11. Ikan Cherry Barb

Cherry Barb merupakan ikan hias yang mudah ditemukan di Srilanka. Habitat aslinya adalah sungai bebatuan dengan arus yang cukup tajam. Ikan ini mampu hidup dalam air dengan suhu antara 23 sampai 27 derajat celcius.
Warna dari ikan ini cukup unik yaitu hijau dan coklat untuk pejantan dan merah dan coklat untuk betinanya. Selain warna ini ada banyak varian warna lainnya dari ikan yang bernama ilmiah Puntius titteya.
Ikan Cherry Barb mampu bertahan hidup hingga 5 tahun. Cherry Barb termasuk ikan yang suka berenang di air yang cukup dalam. Ikan ini juga termasuk ikan suka berkelahi sehingga Anda harus memisahkan ikanini dengan ikan jenis lainnya.

12. Ikan Neon Tetra

Jenis ikan hias ini termasuk ikan hias yang paling banyak diminati karena keunikannya. Keunikan ikan ini adalah bisa menyala ketika gelap sehingga aquarium Anda akan terlihat menyala.
Ikan ini mempunyai ukuran yang kecil hanya sekitar 5 cm saja. Perawatan ikan ini juga mudah karena hanya perlu air bersih saja. Untuk pakannya juga mudah tanpa harus memberikan pakan khusus.
Untuk memelihara ikan ini disarankan untuk memeliharanya dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan ikan ini bisa membuat quarium Anda semakin indah dan cerah.

13. Ikan Plecostomus

Di Indonesia ikan ini sering disebut dengan ikan sapu-sapu. Ikan ini bisa dijadikan sebagai ikan pelengkap di dalam aquarium Anda. Ukuran ikan ini bisa mencapai 24 inch atau sekitar 50 cm.
Jenis ikan ini bisa dijadikan sebagai pembersih alami akuarium karena memakan kotoran yang ada di dasar akuarium. Ikan ini juga mudah berkamuflase karena warnanya yang gelap. Plecostomus mampu bertahan hidup sampai 15 tahun.

14. Ikan Oscar

Ikan ini merupakan ikan hias yang paling cerdas dan bisa dilatih agar bisa melakukan sebuah trik. Jenis ikan ini bukanlah ikan bergerombol karena ikan oscar adalah ikan karnivora yang agresif.
Anda yang ingin memelihara ikan oscar harus menempatkannya dalam aquarium khusus. Perawatannya juga harus khusus karena ikan ini menghasilkan banyak kotoran.
Agar ikan ini bisa berkembang biak dengan baik sebaiknya peliharalah sepasang. Ikan ini juga bisa dipelihara dalam kelompok kecil maksimal 5 ikan dan dipelihara sejak muda atau kecil.

15. Rainbowfish

Sesuai dengan namanya ikan ini merupakan ikan hias dengan warna pelangi yang indah. Rainbowfish berasal dari Australia dan bisa tumbuh sampai 15 cm.
Ikan jenis ini merupakan ikan yang biasa hidup secara bergerombol sehingga bisa dipelihara dalam jumlah banyak sekaligus. Warna dari ikan ini baru akan terlihat indah setelah usianya dewasa atau minimal 1 tahun.
Pemeliharaan ikan ini cukup mudah karena pakannya mudah didapatkan dan bisa hidup di berbagai jenis air.

16. Ikan Pearl Gourami

Ikan pearl gourami atau gurami mutiara termasuk ikan hias dengan ukuran yang tidak terlalu kecil. Pearl gourami mempunyai warna yang indah dengan bentuknya yang agak pipih.
Jenis ikan ini termasuk ikan yang ramah dan tidak agresif. Namun ikan ini mudah tersinggung jadi hindari memeliharanya bersama dengan ikan yang agresif.

17. Ikan Rasbora Harlequin

Ikan ini termasuk ikan hias dengan ukuran yang kecil hanya sekitar 5 cm saja. Rasbora Harlequin mampu bertahan hidup sampai dengan 4 tahun. Warna dari ikan ini juga cerah dan indah.
Jika Anda ingin memelihara ikan ini Anda harus membeli aquarium yang agak besar karena ikan ini lincah. Anda juga bisa menggabungkannya dengan ikan hias lainnya dalam satu akuarium.

Banyak bukan pilihan ikan hias air tawar dengan bentuk unik yang bisa Anda pelihara. Tidak hanya sebagai koleksi, ikan hias ini juga bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis atau usaha sampingan Anda.

Baca Juga : Pentingnya Menjalankan Pola Hidup Sehat

Sebutkan Ikan Hias Yang Populer Di Indonesia

Ikan hias yang banyak diburu adalah ikan hias dengan ukuran kecil dengan bentuk yang unik dan warna yang indah. Salah satu jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia adalah Ikan Cupang. Ikan ini mempunyai bentuk yang unik dengan warna yang sangat beragam.

Sebutkan Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Ukuran Kecil dengan Bentuk Unik

1. Ikan Guppy 2. Corydoras Catfish 3. Ikan Molly 4. Angelfish 5. Ikan Platy

Apa itu Ikan Plecostomus

Di Indonesia ikan ini sering disebut dengan ikan sapu-sapu. Ikan ini bisa dijadikan sebagai ikan pelengkap di dalam aquarium Anda. Ukuran ikan ini bisa mencapai 24 inch atau sekitar 50 cm.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments