Take a fresh look at your lifestyle.

Jasa Penerjemah Tersumpah dan Cara Memilih Penerjemah yang Baik

0 17

Apa yang Dimaksud Jasa Penerjemah Tersumpah?

 
Anda mungkin pernah mendengar penerjemah tersumpah / sworn translator atau disebut juga certified translator, apa bedanya dengan penerjemah tidak tersumpah dengan penerjemah tersumpah?
Penerjemah tersumpah adalah mereka yang telah lulus dari ujian kualifikasi penerjemahan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya / Fakultas Sastra di Universitas Indonesia dengan nilai A (minimal angka 80). Dengan kelulusan ini maka sang penerjemah ini akan diambil sumpahnya oleh Gubernur DKI Jakarta atau pejabat yang ditunjuknya. Pengukuhannya dilakukan melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta. Dengan SK tersebut mereka secara resmi dapat berpraktik sebagai penerjemah tersumpah.
 

Jasa Apa Sajakah yang Penerjemah Tersumpah Berikan?

 
Penerjemah tersumpah biasanya memberikan jasa penerjemahan seperti dokumen-dokumen pribadi yaitu akte lahir, ijazah, rapor siswa, kartu keluarga, dan lain sebagainya. Jasa ini diperlukan terutama oleh mereka yang bermaksud untuk melanjutkan sekolah di luar negeri atau mengurus dokumen keimigrasian di luar negeri. Jasa penerjemah tersumpah juga digunakan untuk keperluan bisnis seperti kontrak kerja atau perjanjian lainnya. Oleh sebab itu,sebagian penerjemah tersumpah mendaftarkan tanda-tangan atau cap mereka pada kedutaan-kedutaan besar di Jakarta untuk mempermudah pihak kedutaan dalam memvalidasi hasil terjemahan tersebut melalui cap dan tanda-tangan yang telah didaftarkan tersebut, sehingga memudahkan klien yaitu pengguna jasa penerjemahan.
 

Apa Bedanya Penerjemah Biasa dengan Penerjemah Tersumpah?

 
Perbedaan dari penerjemah biasa dan penerjemah tersumpah yaitu, mereka hanya pada aspek legalitas untuk dokumen tertentu. Bila mengacu pada kualitas hasil penerjemahan, memang akan sangat subjektif. Pada kenyataannya, tidak ada jaminan hasil terjemahan penerjemah tersumpah lebih baik dari hasil terjemahan penerjemah biasa (tidak tersumpah). Juga sebaliknya. Sertifikasi penerjemah tersumpah hanya dimaksudkan menghasilkan penerjemah yang semaksimal mungkin tidak melakukan proses penerjemahan dengan makna menyimpang dari bahasa sumber.
 
Jasa Penerjemah Tersumpah dan Cara Memilih Penerjemah yang Baik
 

Cara Memilih Penerjemah yang Baik :

 

Referensi

Jika Anda menghadapi beberapa pilihan penerjemah (biro atau perorangan), keputusan akan lebih cepat dan mudah diambil kalau ada teman atau kenalan Anda yang pernah menggunakan jasa mereka dan menyatakan kepuasan atas jasa penerjemahan mereka.
 

Sertifikasi

 
Jika Anda mendapat nama penerjemah dari iklan dan kebetulan belum ada pemberi referensi tentang jasa penerjemah tersebut, Anda dapat minta penerjemah bersangkutan untuk menyerahkan sertifikasi penerjemah. Sertifikasi di Indonesia yang dapat dianggap cukup mewakili keterampilan profesi penerjemah, antara lain sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang diterbitkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) dan sertifikat Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI). Beberapa sertifikasi internasional yang dapat diandalkan, dikeluarkan oleh beberapa lembaga penyelenggara ujian sertifikasi penerjemah seperti NAATI dan AUSIT di Australia dan ATA di Amerika.
 

Kontrak Penerjemah

 
Jika Anda telah menemukan calon penerjemah yang akan diserahi pekerjaan terjemahan, sebaiknya Anda menyiapkan kontrak yang mengikat kedua pihak dalam pekerjaan terjemahan ini. Di dalamnya diatur soal tenggat waktu, mutu pekerjaan, honor yang akan dibayar, cara pembayaran dan sanksi, dan lain sebagainya.

Jika Anda sedang mencari dan membandingkan semua website jasa penerjemah, CV Solusindo Karya Nusa adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda. Kenapa harus menggunakan jasa / layanan dari kantor CV Solusindo Karya Nusa?
Ada beberapa alasan yang terdapat di CV Solusindo Karya Nusa sebagai Jasa Penerjemah Tersumpah yaitu :

– Legalitas perusahaan yang lengkap dan jelas
– Tim yang solid dan ramah
– Pengalaman lebih dari 7 tahun dalam bidang jasa penerjemah
– Harga yang lebih terjangkau
– Lebih Cepat
– Lebih Tepat
– Lebih Rapih

Anda bisa menghubungi CV Solusindo Karya Nusa di :

CV Solusindo Karya Nusa : 021-30305459 / Whatsapp : 08999045858
 
Baca Juga : Cek Kelebihan Meja Kantor Minimalis
 
 

Apa yang Dimaksud Jasa Penerjemah Tersumpah?

Penerjemah tersumpah adalah mereka yang telah lulus dari ujian kualifikasi penerjemahan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya / Fakultas Sastra di Universitas Indonesia dengan nilai A (minimal angka 80). Dengan kelulusan ini maka sang penerjemah ini akan diambil sumpahnya oleh Gubernur DKI Jakarta atau pejabat yang ditunjuknya. Pengukuhannya dilakukan melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta. Dengan SK tersebut mereka secara resmi dapat berpraktik sebagai penerjemah tersumpah.

Jasa Apa Sajakah yang Penerjemah Tersumpah Berikan?

Penerjemah tersumpah biasanya memberikan jasa penerjemahan seperti dokumen-dokumen pribadi yaitu akte lahir, ijazah, rapor siswa, kartu keluarga, dan lain sebagainya. Jasa ini diperlukan terutama oleh mereka yang bermaksud untuk melanjutkan sekolah di luar negeri atau mengurus dokumen keimigrasian di luar negeri. Jasa penerjemah tersumpah juga digunakan untuk keperluan bisnis seperti kontrak kerja atau perjanjian lainnya. Oleh sebab itu,sebagian penerjemah tersumpah mendaftarkan tanda-tangan atau cap mereka pada kedutaan-kedutaan besar di Jakarta untuk mempermudah pihak kedutaan dalam memvalidasi hasil terjemahan tersebut melalui cap dan tanda-tangan yang telah didaftarkan tersebut, sehingga memudahkan klien yaitu pengguna jasa penerjemahan.

Apa Bedanya Penerjemah Biasa dengan Penerjemah Tersumpah?

Perbedaan dari penerjemah biasa dan penerjemah tersumpah yaitu, mereka hanya pada aspek legalitas untuk dokumen tertentu. Bila mengacu pada kualitas hasil penerjemahan, memang akan sangat subjektif. Pada kenyataannya, tidak ada jaminan hasil terjemahan penerjemah tersumpah lebih baik dari hasil terjemahan penerjemah biasa (tidak tersumpah). Juga sebaliknya. Sertifikasi penerjemah tersumpah hanya dimaksudkan menghasilkan penerjemah yang semaksimal mungkin tidak melakukan proses penerjemahan dengan makna menyimpang dari bahasa sumber.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments