Take a fresh look at your lifestyle.

Jalur Bantuan Penerbangan Tiba di Yaman, Tapi Dinilai Masih Kurang

0 3
Jalur Bantuan Penerbangan Tiba di Yaman, Tapi Dinilai Masih Kurang

Pekerja membongkar pengiriman bantuan dari sebuah pesawat di bandara Sanaa, Yaman, 25 November 2017. (Reuters / Stringer)

Geneva – Pejabat Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) megatakan relawan kemanusiaan dan pasokan medis mulai tiba di ibu kota Yaman, Sanaa, Sabtu (25/11) kamarin. Ini merupakan bantuan pertama sejak blokade militer yang berlangsung hampir tiga minggu di wilayah tersebut.

Kelompok bantuan menyambut baik keputusan untuk memberikan bantuan. Namun, ia mengatakan, bantuan melalui jalur penerbangan belum cukup mencegah krisis kemanusiaan. Sekitar 7 juta warga Yaman menghadapi kelaparan. Kelangsungan hidup mereka bergantung pada bantuan internasional.

“Pesawat pertama mendarat di Sanaa pagi ini dengan relawan kemanusiaan,” kata juru bicara regional Program Pangan Dunia Abeer Etefa  kepada Reuters melalui pesan email, sementara pejabat di bandara Sanaa mengatakan dua penerbangan PBB lainnya tiba pada hari yang sama.

Dana anak-anak PBB (UNICEF ) mengatakan satu penerbangan membawa lebih dari 15 ton vaksin untuk sekitar 600.000 anak-anak terhadap difteri, tetanus dan penyakit lainnya.

“Kebutuhannya sangat besar dan masih banyak yang harus dilakukan untuk #YemenChildren,” kata badan dunia di Twitter.

Direktur Bandara, Khaled al-Shayef mengatakan, selain pengiriman vaksinasi penerbangan yang membawa delapan pegawai Komite Palang Merah Internasional juga telah mendarat.

“Bandara Sanaa pada 6 November hingga hari ini, lebih dari 18 hari dan penutupan ini menyebabkan penyumbatan pada kehadiran pekerja bantuan,” katanya kepada Reuters di Sanaa.

“Ada lebih dari 500 karyawan yang terjebak baik di dalam maupun di luar yang ditolak melakukan perjalanan serta 40 penerbangan yang ditolak kedatangannya di bandara Sanaa.”

Kolonel Turki al-Maliki, juru bicara koalisi militer pimpinan-Arab yang menutup pelabuhan, mengatakan tiga penerbangan bantuan lagi disetujui pada Minggu (26/11).

Koalisi  yang memerangi gerakan bersenjata Houthi di Yaman dengan dukungan dari Amerika Serikat, mengatakan pada Rabu (15/11) bahwa pihaknya akan mengizinkan bantuan melalui pelabuhan Laut Merah Hodeidah dan Salif, serta penerbangan PBB ke Sanaa.

Koalisi tersebut menutup penerbangan udara, darat dan laut dalam sebuah langkah menghentikan arus senjata Iran ke Huthi, yang menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman. Penutupan itu dilakukan setelah Arab Saudi mencegat sebuah rudal yang ditembakkan ke Riyadh. 

TAGS : Yaman Arab Saudi Houthi Blokade

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25348/Jalur-Bantuan-Penerbangan-Tiba-di-Yaman-Tapi-Dinilai-Masih-Kurang/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments