Take a fresh look at your lifestyle.

Jaga Warisan Ulama, PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning III

0 6
Jaga Warisan Ulama, PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning III

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini

Jakarta – Dalam rangka menjaga dan mensyiarkan warisan ulama dan pesantren, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar lomba baca kitab kuning yang ketiga.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan, partainya menjadi pionir penyelenggara Lomba Baca Kitab Kuning di DPR RI.



“Sejak zaman kemerdekaan hingga hari ini, baru Fraksi PKS yang menyelenggarakan lomba ini. Mungkin orang bilang apa relevansinya. Kami menjawab, apapun untuk kepentingan menjaga warisan ulama dan pesantren nusantara kami buat relevan di sini,” kata Jazuli, saat memberikan sambutan pembuka acara.

Kata Jazuli, perlombaan baca kitab kuning ini memasuki tahun ketiga dihelat oleh Fraksi PKS di DPR. “Ini menunjukkan besarnya cinta dan komitmen kami untuk terus menjaga dan mensyiarkan warisan ulama dan pesantren nusantara,” katanya.

Menurutnya, Fraksi PKS ingin menghadirkan tradisi yang baik di parlemen sebagai rumah rakyat. Hal itu juga bertujuan agar semangat untuk mencintai dan memuliakan ulama dengan seluruh ilmu dan kemuliaannya hadir di parlemen.

“Sehingga mewarnai wajah kebangsaan kita yang kaya dengan nilai-nilai agama dan relijiusitas,” katanya.

Sementara itu, Ketua Majelis Syuro PKS Dr. Habib Salim Segaf Aljufri dalam sambutan penutup menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Fraksi PKS DPR dan jajarannya atas terobosannya.

“Mungkin ini pertama kali di Parlemen ada lomba baca kitab kuning, parlemen didatangi orang-orang yang cinta warisan ulama,” kata Salim.

Menurut Salim Segaf dengan lomba ini berarti PKS benar-benar mencintai pesantren yang di dalamnya lahir para ulama mujahidin dan mukhlisin yang berjuang untuk negeri ini.

“Inilah warisan ulama yang harus terus kita pelihara. Kalau perhatian kita terhadap kitab kuning terus kita tingkatkan insya Allah akan lahir ulama-ulama yang ikhlas dan akan menjadikan bangsa ini penuh keberkahan,” pungkasnya.

Lomba baca kitab kuning ketiga Fraksi PKS kali ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober dan Milad Fraksi PKS ke-14. Dewan Juri terdiri atas: Dr. KH. Muslih Abdul Karim (Pengasuh Ponpes Baitul Qur`an), KH. Syuhada Syarkun (Pengasuh Ponpes Tebuireng), Dr. KH. Ali Ahmadi (Pengasuh Ponpes Al Hayah)

Peserta tahun ini berasal dari 12 Provinsi dengan total peserta berjumlah 802 orang, terdiri atas 115 peserta putri dan 687 peserta putra. Jika ditotal seluruh peserta dari tahun pertama semua berjumlah 3.173 orang dari berbagai pesantren di seluruh Indonesia.

TAGS : Fraksi PKS Jazuli Juwaini Kitab Kuning

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42058/Jaga-Warisan-Ulama-PKS-Gelar-Lomba-Baca-Kitab-Kuning-III/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments