Take a fresh look at your lifestyle.

Israel Semprot Herbisida ke Pertanian Gaza

0 3
Israel Semprot Herbisida ke Pertanian Gaza

Ilustrasi: Jet tempur Israel warnai proters Palestina di jalur Gaza (AP/Ariel Schalit)

Gaza – Pesawat Israel menyemprotkan herbisida ke sepanjang perbatasan Jalur Gaza. Bahan kimia tersebut telah merusak tanaman dan membahayakan lahan pertanian. Demikian kata pejabat Kementerian Pertanian Palestina, Nizar al-Wahedi.

Ia mengatakan bahwa kementerian Palestina tidak mengetahui kandungan bahan kimia yang disemprotkan Israel ke tanah Palestina. “Israel tidak berhak menyemprot herbisida ke lahan pertanian Palestina,” tegas dia.

Menurut LSM Israel Gisha, operasi penyemprotan tersebut bertujuan untuk memberantas rumput-rumput pengganggu di sepanjang perbatasannya dengan wilayah Palestina.

Sebanyak 44.000 warga atau 11 persen angkatan kerja Palestina bekerja di bidang pertanian.

Menurut Wikipedia,  herbisida dalam bahasa Inggris herbicide adalah senyawa atau material yang disebarkan pada lahan pertanian untuk menekan atau memberantas tumbuhan yang menyebabkan penurunan hasil (gulma).  Herbisida digunakan sebagai salah satu sarana pengendalian tumbuhan “asing” ini.

Pada umumnya herbisida bekerja dengan mengganggu proses anabolisme senyawa penting seperti pati, asam lemak atau asam amino melalui kompetisi dengan senyawa yang “normal” dalam proses tersebut.

Herbisida menjadi kompetitor karena memiliki struktur yang mirip dan menjadi kosubstrat yang dikenali oleh enzim yang menjadi sasarannya. Cara kerja lain adalah dengan mengganggu keseimbangan produksi bahan-bahan kimia yang diperlukan tumbuhan.

TAGS : Israel Herbisida Jalur Gaza

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/30029/Israel-Semprot-Herbisida-ke-Pertanian-Gaza/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments