Take a fresh look at your lifestyle.

Israel Bujuk AS Dukung Arab Saudi terkait Pembunuhan Khashoggi

0 4
Israel Bujuk AS Dukung Arab Saudi terkait Pembunuhan Khashoggi

Bendera Israel dan Amerika (foto: Google)

Yerusalem – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mendesak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk memberikan dukungan kepada Putra Mahkota Arab Saudi Muhammed Bin Salman di tengah proses penyelidikan pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi.

Harian Amerika Washington Post, mengatakan beberapa pejabat AS yang tak disebutkan namanya mengungkapkan bahwa Netanyahu mendukung Pangeran Bin Salman.



Disebukan bahwa Israel secara tertutup menyampaikan kepada beberapa negara Timur Tengah dan Teluk atas dukungannya terhadap Salman yang tengah mendapatkan kritikan keras atas kasus pembunuhan Khashoggi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul 2 Oktober lalu.

Dalam berita yang sama, Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi juga melakukan pendekatan yang sama dalam perbincangannya dengan Trump. Al-Sisi meminta Trump mendukung Pangeran Bin Salman.

Di sisi lain, beberapa negara Eropa seperti Inggris, Jerman, dan Perancis menekan Riyadh untuk mengungkapkan kebenaran dari kasus pembunuhan yang menimpa wartawan Saudi itu.

Sementara negara-negara seperti Israel, Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA) mendukung keras Pangeran Bin Salman.

Kantor Jaksa Penuntut Umum (JPU) Istanbul pada Rabu mengatakan bahwa tubuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi dibuang setelah dipotong-potong.

Menurut JPU, Khashoggi dicekik hingga tewas dengan cara yang telah direncanakan sebelumnya setelah memasuki Konsulat Kerajaan Saudi Arabia di Istanbul pada 2 Oktober 2018 guna mengurus surat-surat yang dibutuhkan untuk pernikahannya.

“Tubuhnya lalu dibuang setelah dipotong-potong setelah tewas tercekik, sejalan dengan rencana pelaku,” ujar kantor JPU melalui sebuah pernyataan.

Pernyataan ini juga mencatat bahwa otoritas Turki dan Saudi telah sepakat melakukan investigasi secara menyeluruh, mengungkap semua detail dan membawa pelaku serta perencana kejahatan ini ke keadilan. (aa)

 

TAGS : Arab Saudi Donald Trump Kasus Pembunuhan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43253/Israel-Bujuk-AS-Dukung-Arab-Saudi-terkait-Pembunuhan-Khashoggi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments