Take a fresh look at your lifestyle.

Iran Umumkan Akhir Kejayaan ISIS di Suriah

0 4
Iran Umumkan Akhir Kejayaan ISIS di Suriah

Presiden Iran Hassan Rouhani (foto: Alaraby)

Tehran – Presiden Iran Hassan Rouhani mengumumkan akhir masa kekuasaan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) dalam sebuah pidato yang disiarkan langsung di TV pemerintah.

Komandan senior Garda Revolusi Iran, Mayjen Qassem Soleimani, juga mengumumkan berakhirnya kelompok jihadi yang beroperasi di Suriah dan Irak dalam pesan yang dirilis di situs berita Garda, Sepah News, pada Selasa (21/11)

Dilansir Independent, Selasa (21/11), Garda Revolusi mengucapkan terima kasih kepada sekutunya, kelompok militan Libanon Hizbullah, atas perannya yang menentukan dalam pertarungan tersebut.

Dalam pidato yang disampaikan di Beirut pada Senin (20/11) malam, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan, kelompok tersebut siap menarik pasukannya dari Irak setelah pemerintah pusat mengumumkan kemenangan yang menentukan.

Komentar Rouhani dan Nasrallah terjadi setelah pertemuan Liga Arab di Kairo pada Minggu (19/11) di mana Arab Saudi meminta negara Arabnya untuk bersatu melawan Iran, saingan regionalnya, mengenai peran “destabilisasi” dalam konflik di Timur Tengah.

Ketegangan antara Riyadh dan Teheran kembali menyulut, menyusul  rudal balistik pemberontak Houthi 4 November yang ditembakkan dari Yaman ke Arab Saudi dan pengunduran diri mengejutkan Perdana Menteri Sunni, Saad Hariri,  langkah yang diyakini telah diatur oleh pemerintah Saudi.

Presiden Rouhani mengatakan, Houthi meluncurkan serangan tersebut sebagai tanggapan atas “begitu banyak pemboman” oleh koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi yang mendukung pemerintah Yaman yang diasingkan. Ia juga menyebut organisasi regional “tua, letih, kelelahan dan tidak efektif.”

Presiden Rouhani akan berkunjung ke kota Sochi Rusia pada Rabu untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk pembicaraan lebih lanjut mengenai pengurangan kekerasan di Suriah melalui zona de-eskalasi, sebuah strategi yang disepakati awal tahun ini.

TAGS : Iran Suriah ISIS Hizbullah Hassan Nasrallah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25122/Iran-Umumkan-Akhir-Kejayaan-ISIS-di-Suriah/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments