Take a fresh look at your lifestyle.

Iran Sayangkan Pengunduran Diri PM Libanon

0 5
Iran Sayangkan Pengunduran Diri PM Libanon

Juru Bicara Menteri Luar Negeri Iran (Menlu Ir), Bahram Qasemi (Foto: Pars Today)

Tehran – Kementerian Luar Negeri Iran mengungkapkan keprihatinannya atas pengunduran diri tiba-tiba Perdana Menteri Libanon Saad al-Hariri pada Sabtu (4/11). Ia menyebut keputusan tersebut sebagai skenario untuk menciptakan gelombang ketegangan baru di Lebanon dan wilayah Timur Tengah pada umumnya.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara kementerian Bahram Qassemi juga menolak ucapan anti-Iran al-Hariri sebagai hal tidak berdasar. Ia mengatakan tuduhan Hariri serupa dengan Zionis, Saudi dan Amerika Serikat.

“Pengunduran diri tiba-tiba dari Hariri dan pernyataannya di negara lain tidak hanya mengejutkan dan disesalkan tapi juga merupakan indikasi permainannya  dirancang oleh mereka yang menginginkan konflik di wilayah ini,” keluh Qassemi.

“Pemenang dalam skenario ini bukan negara Arab atau Muslim, tapi rezim Zionis (Israel) yang berada di antara negara-negara Muslim di kawasan ini,” tambahnya, dilansir Tehran Time, Sabtu (3/11).

Pada Sabtu (4/11), Perdana Menteri Libanon Saad Hariri secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya dengan alasan adanya ancaman terhadap hidupnya.

“Saya mengumumkan pengunduran diri saya dari jabatan perdana menteri. Saya merasakan ancaman yang menargetkan hidup saya,” katanya dalam pidatonya di Arab Saudi yang disiarkan jaringan berita Al-Arabiya.

Sebelumnya, ayahnya, Rafik Hariri tewas pada saat memegang jabatan yang sama PM tahun 2005. Pengunduran diri politisi 47 tahun itu terjadi kurang dari sebulan setelah pemerintahannya, yang menjadi sayap politik Hizbullah.

Menurut Hariri, keadaan negaranya saat ini agak sama dengan zamannya saat Rafik Al-Hariri terbunuh tahun 2005. Keputusan Saad al-Haririini pun dinilai akan berdampak pada keadaan Lebanon dan sekutu regionalnya.

TAGS : Iran Lebanon Saad al-Hariri

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24279/Iran-Sayangkan-Pengunduran-Diri-PM-Libanon/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments