Take a fresh look at your lifestyle.

Iran Hukum Mati Agen Mata-mata Israel

0 5
Iran Hukum Mati Agen Mata-mata Israel

Bendera kebangsaan Iran

Dubai – Mahkamah Agung Iran menjatuhkan hukuman mati kepada seorang akademisi Iran yang berbasis di Swedia karana menjadi agen mata-mata Israel.

Ahmadreza Djalali, seorang dokter medis dan dosen di Institut Karolinska, universitas kedokteran di Stockholm, dituduh memberikan informasi kepada Israel untuk membantunya membunuh beberapa ilmuwan nuklir senior Iran.

Djalali ditangkap di Iran pada April 2016, kemudian divonis atas tuduhan melakukan mata-mata.  Ada empat ilmuwan terbunuh antara 2010 dan 2012. Teheran menyebut motif pembunuhan tersebut  untuk menyabotase upayanya mengembangkan energi nuklir. 

Pada 2012, Iran sukses menggantung pria atas pembunuhan tersebut. Ia mengatakan, pria tersebut adalah agen intelijen Israel Mossad.

Pada Senin (25/12), jaksa Teheran Abbas Jafari Dolatabadi mengatakan bahwa Mahkamah Agung baru-baru ini menjatuhkan hukuman mati terhadap Djalali. Demikian situs berita peradilan Iran, Mizan.

Menurut Mizan, Dolatabadi mengatakan bahwa Djalali mengaku bertemu dengan agen Mossad berulang kali untuk menyampaikan informasi mengenai rencana dan personil nuklir Iran. Dia juga membantu menginfeksi sistem komputer Kementerian Pertahanan dengan virus.

Pengakuan Djalali tersebut disiarkan televisi negara Iran minggu lalu. Istrinya mengatakan bahwa Djalali dipaksa oleh interogatornya untuk membaca pengakuan tersebut.

Amnesty International dan istri Djalali yang berbasis di London mengatakan awal bulan ini pengacaranya diberitahu bahwa Mahkamah Agung telah mempertimbangkan kasusnya dan menjatuhkan hukuman mati kepadanya.

Pada Agustus Djalali menulis sebuah surat di dalam penjara yang menyatakan bahwa ia ditahan karena menolak mengakui memata-matai Iran.

Kemudian, pada Oktober pemerintah Swedia mengutuk hukuman tersebut. Sementara itu, 75 penerima hadiah Nobel mengajukan petisi kepada otoritas Iran bulan lalu untuk membebaskan Djalali agar bisa melanjutkan pekerjaan ilmiahnya demi keuntungan umat manusia.

TAGS : Iran Ahmadreza Djalali Israel Mossad

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26884/Iran-Hukum–Mati-Agen-Mata-mata-Israel/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments