Take a fresh look at your lifestyle.

Iran Hentikan Penerbangan dari Kurdistan Jelang Referendum

0 5
Iran Hentikan Penerbangan dari Kurdistan Jelang Referendum

Pemerintah Iran menutup wilayah udaranya untuk penerbangan dari Kurdistan Irak, termasuk dari Erbil (Foto: Reuters)

Jakarta – Pemerintah Iran  menghentikan aktivitas penerbangan dari bandara di Kurdistan Irak/” style=”text-decoration:none;color:red;”>Kurdistan Irak atas permintaan pemerintah pusat di Baghdad sehari sebelum referendum kemerdekaan Kurdi.

Lembaga yang terkait tersebut mengutip Kayvan Khosravi, juru bicara badan keamanan utama Iran yang mengatakan Tehran juga akan menutup wilayah udaranya untuk penerbangan yang berasal dari Kurdistan Irak/” style=”text-decoration:none;color:red;”>Kurdistan Irak, dilansir Al jazeera, Senin (25/9)

Pengumuman tersebut diumumkan saat Iran juga memulai latihan militer di perbatasan Kurdi. Embargo udara  tindakan pembalasan konkret pertama melawan referendum pada Senin yang ditolak oleh pemerintah di Baghdad dan oleh tetangga kuat Irak – Iran dan Turki – serta kekuatan barat, termasuk Amerika Serikat.

Penutupan tersebut akan mempengaruhi dua bandara di daerah Kurdi: di Erbil dan Sulaymaniyah. Abdel Hamid mengatakan, meski ada blokade udara, perbatasan darat antara Iran dan wilayah Kurdi Irak tetap terbuka.

Wilayah Kurdi merupakan salah satu mitra dagang terbesar Iran dengan sekitar USD4 milyar atau sekirat Rp52 triliun dalam perdagangan setiap tahunnya.

Teheran dan Ankara khawatir penyebaran separatisme di dalam wilayah Kurdi sendiri. Pada Sabtu, parlemen Turki menyetujui perpanjangan mandat yang mengizinkan penggelaran pasukan di Irak dan Suriah.

Harian Mehr News mengutip Khosravi yang mengatakan, keputusan pemerintah daerah Kurdi (KRG) yang terburu-buru untuk terus maju dengan referendum akan membawa keamanan rakyat Kurdi, Irak dan wilayahnya di bawah ancaman serius .

Presiden KRG Massoud Barzani mengatakan tidak ada yang menghentikan referendum Senin meski mendapat tentangan internasional. Ia menambahkan pemungutan suara tidak mengikat.

TAGS : Iran Kurdistan Irak Baghdad Kurdi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22275/Iran-Hentikan-Penerbangan–dari-Kurdistan-Jelang-Referendum-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments