Take a fresh look at your lifestyle.

12 Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas yang Bisa Dijual Mahal

0

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas – Barang bekas jika hanya menjadi sampah maka akan tidak ada harganya dan sangat membahayakan untuk kelangsungan ekosistem di Bumi ini. Jika kamu termasuk orang yang menyayangi Bumi ini, daripada membiarkan sampah menjadi barang tidak berguna tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kreativitas dan jiwa senimu untuk membuat kerajinan dari barang-barang bekas.

Di tangan orang-orang yang benar, barang bekas dapat dijadikan kerajinan yang bisa dijual dan bermanfaat lagi bagi masyarakat. Berikut ini kami akan memberikan inspirasi untuk kamu yang ingin membuat kerajinan tangan dari bahan bekas yang tentu mudah kamu jumpai di sekitarmu.

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas

 

1. Sandal dari Sedotan Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.kreatorkerajinan.xyz

Sedotan-sedotan plastik yang akhir-akhir ini sering dibicarakan. Sedotan tersebut berdampak negatif untuk lingkungan terutama hewan-hewan di laut yang sering tidak sengaja memakan sedotan yang menyebabkan kematian untuk hewan-hewan tersebut. Ternyata, sedotan-sedotan bekas tersebut dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna kembali dan bahkan jika dijual akan mahal, lho!

Kerajinan tangan dari bahan bekas sedotan dikumpulkan dalam jumlah banyak karena dapat digunakan untuk membuat sandal. Setelah dikumpulkan sedotannya, lalu disusun sejajar dan digunting menggunakan pola ukuran kaki. Untuk pola pertama cocokkan saja menggunakan kakimu. Selain membuat pola kaki, jangan lupa membuat pola untuk bagian atas sendalnya untuk tempat masuk kakinya.

Sedotan yang sudah berbentuk pola kaki dan bagian atas sendal tersebut kamu setrika sehingga panasnya akan membuat sedotan itu saling menempel. Terakhir, rekatkan bagian sedotan pola kaki dengan sedotan bagian atas sendal tersebut menggunakan lem. Voila, jadilah sendal unik yang terbuat dari sedotan. Supaya lebih indah, gunakan sedotan yang berbeda-beda warna sehingga sandalnya akan terlihat colourful!

 

2. Lampion dari Bola Plastik Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.simambahitam.blogspot.com

Siapa dari kalian yang masih sering main bola pakai bola plastik? Tentu ada bola plastik yang sudah tidak dipakai lagi karena kempes? Bola plastik yang sudah tidak terpakai lagi bisa kamu dijadikan lampion yang super keren.

Cara membuat lampion super keren tersebut mudah sekali. Pertama, bola bekas plastik dilubangi bagian bawahnya sebagai tempat lampu. Pasangkan tempat lampunya yang tentunya sudah dilengkapi lampunya. Lalu, hias bola tersebut menggunakan kertas wajik. Kertas wajik yang dipakai tentunya disesuaikan warnanya dengan yang kamu inginkan.

Bila untuk keperluan perayaan Tahun Baru Cina, pakailah warna merah untuk kertas wajiknya. Berkreasilah dengan memakai kertas lain yang sudah dihias dengan lukisan kamu. Oiya, nyalakan lampunya untuk menerangi kamarmu dan bahkan jual hasil karyamu itu yang bisa jadi harganya mahal. Selamat, kamu sudah memanfaatkan kreativitas dari barang bekas.

 

3. Lampu Hias dari Botol Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.brilio.net

Botol-botol bekas menjadi sampah paling banyak yang ada sekarang. Botol bekas yang tidak terpakai seperti bola dapat dijadikan lampu hias yang berbentuk bunga. Seperti membuat lampion dari bola bekas, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat yaitu dengan menggunakan bagian bawah botolnya saja.

Kumpulkan bagian bawah botol yang sudah dipotong tersebut. Persiapkan dudukan lampu dan rekatkan bagian bawah botol yang sudah ada sehingga menjadi lampu hias yang berbentuk bunga.

 

4. Tempat Menyimpan Perhiasan dari Botol Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.Apartmenttherapy.com

Cara memanfaatkan kreativitas dari barang bekas untuk dijual mahal lagi adalah dengan membuatnya sebagai tempat menyimpan perhiasan. Bahan bakunya mirip dengan membuat lampu hias yaitu menggunakan bagian bawah botol. Bagian bawah botol disusun menggunakan kawat penyangga yang nantinya dilubangi bagian tengahnya. Selanjutnya, bagian bawah botol tersebut ditaruh beberapa buah sehingga menyerupai rak untuk tempat menyimpan perhiasan.

Baca Juga : Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik

 

5. Hiasan Bunga dari Botol Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.cepotpredator2.blogspot.com

Botol bekas juga dapat dimanfaatkan untuk membuat hiasan bunga. Botol yang dapat digunakan adalah botol bekas Yakult karena bagian bawahnya dapat dengan mudah dibentuk dan dilipat menjadi bentuk bunga. Gunakan kawat sebagai batangnya. Untuk membuat hiasan daunnya, dapat pula mencari sampah botol plastik yang berwarna hijau atau pun dengan menggunakan kain flanel.

 

6. Celengan dan Tempat Pensil dari Botol Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.cepotpredator2.blogspot.com

Kerajinan lain dari botol bekas yang mudah dibuat yaitu dengan membuat celengan dan tempat pensil. Manfaatkan botol bekas yang ukurannya agak besar sehingga bisa dibuat celengan maupun tempat pensil. Untuk membuat celengan kamu hanya tinggal melubangi botolnya sehingga koin bisa masuk. Setelah itu, hiaslah dengan membungkus botolnya dengan kertas wajik atau pun kertas kado.

Ada juga yang menghiasnya dengan menempelkan manik-manik yang berbentuk mata sehingga mirip dengan hewan. Dengan begitu, jadilah celengan dengan bentuk ornamen hewan. Langkah yang sama juga dapat dilakukan untuk membuat tempat pensil. Bisa dibuat model tempat pensil buka tutup juga, lho. Hanya membutuhkan sedikit improvisasi saja dan jangan lupa untuk menghiasnya sesuai selera kamu, ya!

 

7. Vas Bunga dari Gelas Plastik

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.club.iyaa.com

Gelas plastik yang tidak terpakai tentu sayang bila tidak dimanfaatkan, dapat juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk menaruh bunga sebagai salah satu sumber oksigen kehidupan. Cara membuat vas bunga dari gelas plastik membutuhkan dua buah gelas plastik, koran, plaster serta bahan-bahan untuk melukis seperti kuas dan cat air. Pertama, dua buah gelas plastik digunting bagian bawahnya dan disatukan.

Lalu, dua gelas yang sudah disatukan tersebut dibungkus oleh koran. Untuk merekatkannya gunakan plaster yang berfungsi mirip tanah liat. Lumuri vas bunga yang sudah dibungkus koran dengan plaster sampai penuh. Setelah dilumuri yaitu dikeringkan di terik matahari. Setelah kering, lukislah dengan cat air dengan kreativitasmu.

Vas bunga tersebut bisa dipakai untuk bunga asli atau pun bunga palsu. Jika ingin membuat bunga palsunya, dapat juga kok memanfaatkan gelas plastiknya juga. Cara membuatnya sama dengan membuat bunga dari botol plastik yaitu dengan menggunting bagian bawahnya dengan motif bunga, Sebagai saran tambahan, hiasi bunga tersebut dengan kain flanel sebagai daunnya dan kawat yang dilapisi kain flanel warna coklat sebagai batangnya.

 

8. Hiasan Gantung Kamar dari Sikat Gigi Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.brilio.net

Buat kamu yang rutin mengganti sikat gigi beberapa bulan sekali daripada sikat giginya tidak berguna lagi dapat dibuat kerajinan tangan dari bahan bekas. Sikat gigi bekas tersebut dapat dibuat sebagai hiasan gantung kamar atau dapat berfungsi juga sebagai gantungan pakaian.

 Jadi, sikat gigi tersebut dilapisi benang warna-warni lalu susun secara bertingkat dan rakitlah dengan benang sehingga menjadi sebuah hiasan gantung yang stabil bila digantung di paku. Inovasi sederhana yang sangat bermanfaat sehingga kamu tidak perlu membeli gantungan pakaian atau hiasan gantung lagi untuk di kamar. Hiasan gantung yang cantik itu pun dapat laku dijual mahal di pasaran.

 

9. Miniatur atau Papercraft dari Kardus Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.darmawan.my.id

Kardus bungkus mie instan atau pun kardus bekas minuman plastik yang tergeletak di gudang bisa banget dimanfaatkan. Daripada hanya menjadi sampah-sampah dan memenuhi tempat di rumah atau pun di dapur, kardus-kardus tersebut bisa dibuat menjadi papercraft atau miniatur. Yang biasanya miniatur yang dibikin adalah miniatur dari tokoh superhero, tokoh anime, atau hewan-hewan seperti gajah, dinosaurus, dan lain sebagainya.

Untuk membuat papercraft hanya dibutuhkan gunting dan kardus-kardus serta spidol. Pola-pola untuk papercraft berbentuk miniatur tokoh terkenal di film atau anime biasanya sudah banyak beredar di internet, kamu hanya perlu mengikuti polanya, mengguntingnya lalu melipatnya.

Bila memang dibuat dengan kreativitas dan bentuk jadinya sangat bagus maka akan menjadi kerajinan yang bisa dijual dan papercraft yang dibuat mirip dengan tokoh-tokoh dalam kartun atau film itu sekarang sudah banyak diminati dan harganya sangat mahal.

 

10. Dompet dan Tas dari Kardus Sabun

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.bisikan.com

Selanjutnya, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat adalah dengan membuat dompet dan tas dari kardus sabun, kalian tau kardus sabun Gift? Itu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku kerajinan tangan dengan dibungkus menggunakan kain flanel.

Setelah itu, tambahkan velcro atau pita pelekat di bagian luarnya sehingga mirip dompet. Jadi deh, dompet dari kardus sabun. Kamu bisa juga membuatnya menjadi tas tinggal tambahkan saja gantungannya. Beri hiasan manik-manik di luarnya agar dompet atau tas yang kamu buat lebih cantik.

 

11. Hiasan Dinding dari Kaset CD Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.kreatorkerajinan.xyz

Seperti yang dilakukan Chicco Jerikho di film A Copy of Mind karya Joko Anwar, daripada membiarkan kaset-kaset CD bekas tergeletak begitu saja atau menumpuk menjadi sampah tiada salahnya menempelkannya sebagai hiasan di dinding kamar. Piringan-piringan CD bekas yang mempunyai sisi yang mengkilat akan menghiasi ruangan sehingga nampak glow in the dark jika ruangan agak gelap.

Sisi kasetnya pula akan berpadu dengan cahaya lampu jika ruangannya terang. Jika tidak ingin hanya ditempel saja walaupun sudah cukup indah, maka bisa juga kamu menambah lukisan kesukaan kamu atau motif-motif dengan menggambarnya di permukaan CD bekas tersebut. Jangan salah, bukan hanya untuk hiasan kamarmu saja, CD bekas yang kamu lukis permukaannya tersebut jika kamu buat dengan kreativitas tinggi maka akan menjadi kerajinan yang bisa dijual mahal.

 

12. Ornamen dan Hiasan Gitar dari Pecahan-Pecahan CD Bekas

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.jejakmu.bappenas.go.id

Jika kamu pernah belajar membuat mozaik ketika SD, tepatnya di pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian maka kamu akan dengan mudah memanfaatkan pecahan-pecahan CD bekas untuk dibuat karya seni. Dengan teknik mozaik ini termasuk cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat, kamu tinggal mencari CD bekas lalu dibuat motif-motif hewan sehingga bisa menjadi hiasan berbentuk ornamen.

Jika memang CD bekas yang pecahannya sudah sulit dibentuk, kamu bisa juga memanfaatkannya untuk dijadikan hiasan gitar. Dengan teknik mozaik yaitu menempelkan pecahan menggunakan lem sehingga membentuk pola yang sesuai dengan lekukan gitar maka akan jadi gitar yang lebih indah daripada biasanya. Sangat mudah dibuat dan pastinya jika dijual lagi gitarnya akan lebih mahal.

 

Berikut adalah 12 inspirasi kerajinan tangan dari bahan bekas yang bisa dijual mahal. Barang bekas yang tidak terpakai daripada tidak bermanfaat ternyata berpotensi mendulang manfaat dan mendatangkan pundi-pundi rupiah ke dalam dompet kamu. Jangan lupa mencobanya di rumah. Terakhir, saran-saran di atas hanya sebagai inspirasi saja, sebisa mungkin manfaatkan imajinasi kamu dan berkreasilah mencoba membuat barang yang lain, ya!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of