Take a fresh look at your lifestyle.

Ini 40 Top Pelayanan Publik 2018 versi KemenPAN-RB

0
Ini 40 Top Pelayanan Publik 2018 versi KemenPAN-RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin

Jakarta – Melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 636/2018, Kementerian PANRB menetapkan Top 40 inovasi pelayanan publik.

“Kita telah menetapkan 40 terbaik untuk inovasi pelayanan publik 2018. Saya mengapresiasi instansi pemerintah yang lolos sampai tahap ini,” jelas Menteri PANRB Syafruddin saat jumpa pers di Jakarta, Senin (22/10).



Top 40 inovasi pelayanan publik tahun 2018 merupakan inovasi yang dikategorikan outstanding (terpuji) hasil seleksi dari top 99. Penilaian Kompetisi dilakukan secara independen oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen yang merupakan para akademisi, praktisi, dan pakar pelayanan publik yang kompeten dan memiliki reputasi baik.

Menteri Syafruddin menjelaskan bagi pemerintah daerah yang inovasinya terpilih sebagai Top 40 akan mendapatkan alokasi Dana Insentif Daerah (DID). Adapun penganugerahan Penghargaan kepada Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 akan dilaksanakan pada Pembukaan International Public Service Forum tanggal 7 November 2018. ”Rencananya akan diserahkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Top 40 inovasi pelayanan publik tahun 2018 terdiri dari 5 inovasi kementerian, 2 inovasi Kepolisian Negara RI, 8 inovasi pemerintah provinsi, 15 inovasi Kabupaten, 10 inovasi dari pemerintah kota.

Adapun penganugerahan penghargaan kepada top 40 inovasi pelayanan publik tahun 2018 akan dilaksanakan pada pembukaan International Public Service Forum tanggal 7 november 2018, yang rencananya akan diserahkan oleh bapak Presiden Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB mengatakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan wujud dari program One Agency, One Innovation yang mewajibkan K/L dan pemerintah daerah untuk menciptakan minimal satu inovasi setiap tahunnya.

Proses Kompetisi ini dilakukan secara online melalui aplikasi berbasis web Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) melalui http://sinovik.menpan.go.id. Telah terekam sebanyak 2.824 inovasi pelayanan publik di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun ini. Bulan September lalu, juga telah dilakukan Penyerahan Penghargaan bagi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018. (HUMAS MENPANRB)

DAFTAR TOP 40 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2018

Kementerian dan Lembaga
1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Pencatatan Hak Cipta Online dengan Teknologi Kriptografi)
2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (SILK (Sistem Informasi Legalitas Kayu): Inovasi untuk Menjawab Tantangan Global Perdagangan Kayu Legal)
3. Kementerian Luar Negeri – Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia (MENIKUM (Menikah Untuk Melindungi): Pelayanan Pengesahan Perkawinan (Itsbat Nikah) Bagi WNI di Luar Negeri)
4. Kementerian Luar Negeri – Museum Konferensi Asia Afrika, Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Jarum Pentul (Jadi Relawan Museum itu Penting dan Gaul)
5. Kementerian Sosial – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita Kartini Temanggung (Mencapai Nol Kerentanan Penyandang Disabilitas Intelektual Melalui Sheltered Workshop Peduli)
6. Kepolisian Negara Republik Indonesia – Kepolisian Resor Jayapura, Kepolisian Daerah Papua (RM PAPEDA (Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai)
7. Kepolisian Negara Republik Indonesia – Satuan Brigade Mobil, Kepolisian Daerah Jambi (Membangun Pelayanan Publik Melalui Patroli Edukasi Brimob Polda Jambi pada Suku Anak Dalam di Rimba Merangin Jambi)

Provinsi
8. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta – Puskesmas Senen, Dinas Kesehatan (CEK DAN SADARI (Cegah Kanker Serviks dengan Aplikasi MAPLE-S dan Mobil Deteksi Kanker HIBISCUS)
9. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta – Rumah Sakit Umum Daerah Koja – (SIPIL DOYAN JALAN (Sistem Pilih Dokter dan Waktu Pelayanan) Pasien Rawat Jalan Peserta JKN-KIS)
10. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah – Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. R. M. Soedjarwadi (Si Terpa Daya Jiwa (Sistem Terapi Paripurna melalui Pemberdayaan Orang dengan Gangguan Jiwa): Berobat di RSJD R. M. Soedjarwadi Sembuh Jiwa Raga dan Kembali Fungsi Sosialnya)
11. Pemerintah Provinsi Jawa Timur – Dinas Perkebunan (Kabinet Arabika (Kolaborasi Pembinaan Ekonomi Terpadu Kopi Arabika)
12. Pemerintah Provinsi Jawa Timur – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (SIMPADU-PMI (Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran)
13. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan – Rumah Sakit Umum Daerah Ulin (BiRD (Babies Respiratory Distress Recovery Device)
14. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan – Balai Penerapan Mutu Produk Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan (SEJUTA IKAN (Sertifikasi Pengujian Mutu Hasil Perikanan) Agar Produk Perikanan Sulsel Tetap Mendunia)
15. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat – Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Achmad Mochtar (BASABA sebagai Upaya Menurunkan Angka Kematian Bayi)

Kabupaten
16. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi – Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan (GANCANG ARON (Gugus Antisipasi Cegah Antrian Panjang dengan Antar Obat ke Rumah Pasien)
17. Pemerintah Kabupaten Klungkung – Dinas Pertanian (BIMAJUARA (Beli Mahal Jual Murah)
18. Pemerintah Kabupaten Klungkung – Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan – (Implementasi TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat)
19. Pemerintah Kabupaten Lumajang – Unit Transfusi Darah PMI (Blood_Jek Si Pengawal Nyawa)
20. Pemerintah Kabupaten Luwu Utara – Dinas Kesehatan (Antenatal Care Hipnoterapi)
21. Pemerintah Kabupaten Malang – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Percepatan Penurunan AKI dan AKB Melalui Program CONTRA WAR (Contraceptive For Women At Risk)
22. Pemerintah Kabupaten Merauke – Dinas Komunikasi dan Informatika (Layanan Free Hotspot (Layanan Internet Gratis Untuk Masyarakat)
23. Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan – Dinas Pendidikan (Kelas Perahu)
24. Pemerintah Kabupaten Rote Ndao – Dinas Pertanian (Gerakan Lakamola Anan Sio)
25. Pemerintah Kabupaten Sumbawa – Kecamatan Lantung (PARIRI SI DESA)
26. Pemerintah Kabupaten Takalar – SDN 81 Kalukubodo, Dinas Pendidikan (PAPA SEHAT (PAPAN Kontrol Kesehatan): Kontrol Kesehatan Peserta Didik di Sekolah Menuju Indonesia Sehat)
27. Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni – Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (RUMPI MAS BIN (Rumah Pintar Masyarakat Bintuni)
28. Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara – Dinas Pertanian (Raskin Pola PKP (Padat Karya Pangan)
29. Pemerintah Kabupaten Trenggalek – Puskesmas Trenggalek, Dinas Kesehatan – (GELAS MEMPESONA HATI (Gerakan Lansia Sehat Mewujudkan Masyarakat Peduli Persoalan Kesehatan di Hari Tua Nanti)
30. Pemerintah Kabupaten Tulungagung – Rumah Sakit Umum Daerah dr. Iskak (LASKAR (Layanan Syndroma Koronaria Akut Terintegrasi)

Kota
31. Pemerintah Kota Bandung – Dinas Pangan dan Pertanian (Mini Lab Food Security)
32. Pemerintah Kota Bogor – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (ANJAS GO CLEAR (Aplikasi Nominatif Jabatan Struktural Government Clear) di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor yang Aplikatif dan Akuntabel)
33. Pemerintah Kota Cimahi – UPT Cimahi Technopark (Kawasan Cimahi Technopark sebagai Pusat Layanan Terpadu Pengembangan Ekonomi Lokal Kota Cimahi Berbasis Inovasi, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Melalui Kolaborasi Quadruple Helix)
34. Pemerintah Kota Madiun – SDN 02 Mojorejo, Dinas Pendidikan (DOPARI SAKATU)
35. Pemerintah Kota Padang – Puskesmas Padang Pasir, Dinas Kesehatan (Kelas IMUD (Ibu Muda) Puskesmas Padang Pasir)
36. Pemerintah Kota Parepare – Dinas Kesehatan (EKSISTENSI (Pelayanan Kesehatan Gratis Terintegrasi) CALL CENTRE 112)
37. Pemerintah Kota Surabaya – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (6 in 1)
38. Pemerintah Kota Surabaya – Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda)
39. Pemerintah Kota Surabaya – Dinas Sosial (TAHU PANAS (Tak Takut Kehujanan, Tak Takut Kepanasan): Kegiatan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni melalui Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh)
40. Pemerintah Kota Tegal – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Ladis Song Malam (Layanan dengan Inovasi Simultan Bagi Pengasong dan Masyarakat Lansia Terminal)

TAGS : KemenPAN-RB Pelayanan Publik

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42656/Ini-40-Top-Pelayanan-Publik-2018-versi-KemenPAN-RB/

Leave A Reply

Your email address will not be published.