Take a fresh look at your lifestyle.

Inggris, Prancis dan Jerman Gandeng Kesepatakan Nuklir Iran

0 5
Inggris, Prancis dan Jerman Gandeng Kesepatakan Nuklir Iran

Bendera kebangsaan Iran

Jakarta – Pemerintah Inggris, Prancis dan Jerman akan tetap berkomitmen terhadap kesepakatan nuklir Iran 2015, setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menolak mengesahkan kesepakatan tersebut pada Jumat (13/10).

Perdana Menteri Inggris Theresa May, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, mereka berkomitmen terhadap pelaksanaan sepenuhnya dari semua sisi,” menurut sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kantor Downing Street bulan Mei.

Para pemimpin mengatakan, keputusan Presiden Trump tidak mengesahkan kembali kepatuhan Iran terhadap Joint Comprehensive Plan of Action (JCPoA) ke Kongres Amerika Serikat dan prihatin dengan kemungkinan implikasinya.

“Kesepakatan nuklir adalah puncak dari 13 tahun diplomasi dan merupakan langkah besar untuk memastikan, program nuklir Iran tidak dialihkan untuk tujuan militer,” mereka menambahkan.

“Kami mendorong Pemerintah Amerika Seriakt dan Kongres untuk mempertimbangkan implikasi keamanan Amerika Serikat dan sekutunya sebelum mengambil langkah-langkah yang dapat merusak JCPoA, seperti menjatuhkan sanksi kepada Iran yang diangkat berdasarkan kesepakatan tersebut.”

“Pemerintah kita berkomitmen memastikan JCPoA dipertahankan,” tambahnya

Ketiga pemimpin tersebut mengatakan, mereka prihatin dengan program rudal balistik Iran dan mereka siap untuk mengambil tindakan lebih tepat untuk menangani masalah ini.

Trump mengeluarkan strategi yang lebih keras untuk mengecek rezim fanatik Iran pada Jumat dan memperingatkan, kesepakatan nuklir internasional yang tengara dapat diakhiri setiap saat.

Dalam pidato Gedung Putih yang banyak dinanti-nantikan, Trump berhenti menarik diri dari kesepakatan 2015, namun mendepertifikasikan dukungannya untuk kesepakatan tersebut dan meninggalkan nasibnya di tangan Kongres, demikian Al Araby, Jumat (14/10)

TAGS : Iran Kesepakatan Nuklir Inggris Prancis Jerman

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23223/Inggris-Prancis-dan-Jerman-Gandeng-Kesepatakan-Nuklir-Iran/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments