Take a fresh look at your lifestyle.

Indonesia Tak Berkutik Hadapi Arab Saudi

0 2
Indonesia Tak Berkutik Hadapi Arab Saudi

Massa menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Arab Saudi

Jakarta – Pemerintahan Indonesia dinilai lemah dalam daya tawar untuk membela nasib pekerja migran Indonesia (PMI) yang berada di luar negeri. Hal itu menyusul eksekusi mati Tuti Tursilawati di Arab Saudi tanpa pemberitahuan.

Demikian disampaikan Anggota MPR dari Fraksi PAN, Yandri Susanto, dalam sebuah diskusi bertajuk “Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia“, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/11).



Menurutnya, eksekusi mati terhadap PMI tanpa adanya notifikasi sebagai bukti pemerintahan Indonesia tidak berkutik dalam memberikan pembelaan terhadap nasib warna negara yang bekerja di Arab Saudi.

“Nah ini memang ada kita lihat di sini lemahnya daya tawar kita untuk ikut andil dalam peran-peran kenegaraan terhadap nasib anak bangsa di negara orang,” kata Yandri.

Semestinya, kata Yandri, pemerintahan Indonesia memberikan pembelaan terhadap warga negara yang sedang terjerat kasus hukum di luar negeri.

“Kalau kita bisa nego dengan pemerintah Arab Saudi, kan tidak mungkin dia serta merta membunuh orang. Indonesia punya budaya yang sangat tinggi sebenarnya dengan majikan itu sangat  hormat,” tegasnya.

Namun, lanjut Yandri, pemerintahan Indonesia justru dikejutkan dengan adanya eksekusi mati terhadap Tuti yang merupakan PMI asal Majalengka tersebut pada 29 Oktober lalu.

“Dengan adanya kejadian tanggal 29 Oktober kemarin tentu Indonesia kembali di kagetkan dengan adanya eksekusi mati di Arab Saudi kepada Tuti orang Majalengka dari pemberitaan yang kita ikuti itu memang pihak Indonesia dan keluarga tidak diberitahu atau istilahnya Notifikasi,” katanya.

TAGS : Indonesia Arab Saudi Pekerja Migran Eksekusi Mati

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43388/Indonesia-Tak-Berkutik-Hadapi-Arab-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments