Take a fresh look at your lifestyle.

Indahnya Belong Keliki Sebagai Tempat Wisata Terbaik di Kintamani

0 0

Apa hal pertama yang kalian lakukan ketika ingin liburan ke Kintamani, Bali? Pastinya mencari di mesin pencarian bukan, apa saja tempat wisata di Kintamani yang bisa dijadikan rekomendasi.

Ya, tidak salah memang, karena mesin pencarian adalah gudangnya informasi di era digitalisasi seperti ini. Mau kesana-kemari, bebas. Kalian tidak perlu khawatir lagi.

Sebagai kawasan yang terkenal dengan hawa sejuknya, Kintamani cocok sebagai tempat camping kawula muda. Lelah menjalani aktivitas harian, Kintamani lah tempat mencari ketenangan.

Ditambah lagi dengan adanya penghargaan yang diterima dari FCI pada 20 Februari 2019 kemarin, rasa greget kalian untuk segera mengunjungi Kintamani akan semakin besar. Lantaran, penghargaan tersebut berisi tentang pengakuan trah anjing Kintamani yang dinobatkan turut membantu meningkatkan citra pariwisata Bali.

Mengenal Kintamani Yuk?

Mengenal Kintamani - Wartawan

Kintamani merupakan nama kecamatan di Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Sebagai kecamatan sekaligus tempat wisata terkenal di Bali, Kintamani memiliki keistimewaan dibanding kecamatan lainnya.

Pertama, udaranya terasa sejuk dan dingin. Kedua, setiap sudutnya memancarkan pesona alam yang indah. Ketiga, menjadi highlight tersendiri bagi para wisatawan sebagai tujuan destinasi liburan.

Nah, menariknya lagi, penduduk lokalnya memberikan kesan hangat kepada para wisatawan. Kesan ini sebagai poin plus tersendiri guna eksistensi Kintamani di jangka panjang.

Jika kalian ingin mengunjungi Kintamani, biasanya hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam dihitung dari Kota Denpasar. Atau, kira-kira 68 kilometer jaraknya dari Kuta maupun Denpasar.

Camping Ground Menjadi Landmark Kintamani

Camping Ground Menjadi Landmark Kintamani - Wartawan

Setiap melakukan pencarian tentang rekomendasi wisata di Kintamani, rekomendasi camping ground selalu menempati peringkat atas. Seolah-olah, camping ground lah landmark Kintamani, kecamatan dengan sejuta gunung indah menghiasi.

Benar, Kintamani memang terkenal dengan keindahan gunung-gunung di sekitarnya. Maka tak heran, mesin pencarian selalu memberikan rekomendasinya.

Ada gunung aktif Batur, sebagai gunung yang pernah meletus sebanyak 26 kali. Gunung ini memiliki ukuran kaldera 13,8 x 10 km dan tinggi pematang kaldera antara 1267 m hingga 2152 m.

Ada Gunung Abang, yang cocok melepas penat kalian. Lantaran, dengan tinggi gunung 2.151 meter, kalian bisa menikmati pemandangan ciamik yang tiada duanya. Hingga, keindahan gunung-gunung lain di sekitarnya.

Belong Keliki Camping Ground, Wajib Kalian Kunjungi

Senyaman-nyamannya berwisata indoor, berwisata outdoor masih tiada lawan. Menggelar tenda, menggelar tikar, bercengkerama dengan teman atau keluarga, bernyanyi bersama, dan makan bersama. Bahkan jika ingin mengenang masa-masa perkemahan pramuka zaman dulu, bermalam di Belong Keliki sebagai tempat camping di Bali bisa menjadi solusinya.

Belong Keliki terletak di Bangli, 25 km dari Desa Penglipuran 23 km dari Pura Besakih. Namun, jika dari bandara terdekat, bandara Ngurah Rai ke Belong Keliki, kalian memerlukan jarak tempuh yang lumayan panjang, 71 km.

Fasilitas Menarik Belong Keliki Camping Ground

Liburan terasa menyenangkan apabila kalian bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan. Bagi kalian yang hanya ingin camping, bermalam di tempat wisata di Kintamani, Belong Keliki, kalian bisa membawa tenda sendiri atau menyewanya.

Jika menyewa, fasilitas yang kalian dapatkan sudah komplit. Mulai dari matras, sleeping bag, hot spring, hingga welcome drink dan morning drink.

Liburan kalian tidak akan terganggu, karena tidak perlu menyiapkan segala peralatannya secara mandiri. Begitupun dengan biaya yang kalian keluarkan, untuk camping 4 orang dengan fasilitas di atas, kalian cukup membayar Rp 250.000. Sangat ekonomis bukan dibanding membeli peralatan tenda baru?

Tidak cukup sampai disini, kalian juga difasilitasi dengan paket tour menarik lainnya. Seperti:

  • Paket tour dengan Jeep, bagi kalian yang menyukai tantangan berkendara dengan Jeep. Offroad di tengah terjalnya medan Belong Keliki.
  • Paket tour boat ke Trunyan, bagi kalian yang ingin menikmati sensasi liburan di air. Badan segar bermain air, jiwa pun segar menikmati keindahan yang alam berikan.
  • Fasilitas memancing, bagi kalian yang hobi berburu ikan laut. Pastinya, hasil tangkapan kalian, bisa kalian bawa pulang. Satu kali liburan, dua tiga hasil tangkapan bisa bikin perut kenyang.

Fasilitas Umum Belong Keliki

Selain fasilitas menarik, fasilitas umum Belong Keliki jangan sampai diabaikan. Ya, ada beragam fasilitas umum yang bisa kalian kunjungi.

  • Hal wajib seorang pelancong membutuhkan toilet. Yang biasanya toilet umum itu kumuh, beda dengan toilet Belong Keliki yang nyaman, bersih, dan terawat.
  • P3K dan Klinik terdekat. Tidak menampik jika selama liburan, kesehatan kalian terganggu dan kalian tidak siap sedia P3K. Maka, Belong Keliki menyediakannya, mulai dari P3K hingga klinik.
  • Tempat ibadah. Seorang pelancong, jangan lalai dengan kewajiban untuk melaksanakan ibadah. Apapun agama kalian, Belong Keliki memberikan fasilitas peribadatan, mulai dari masjid untuk Muslim, gereja untuk kristen, dan kelenteng untuk Hindu.
  • Sumur dengan sumber layak untuk sanitasi. Walau liburan, kebersihan harus tetap kalian jaga. Jangan sampai kalian bersentuhan langsung dengan kotoran atau bahan-bahan berbahaya lainnya.
  • Banyak tempat makan dan minum. Selain menikmati alam, cobalah untuk menikmati kulineran. Mulai dari makanan khas disana, hingga makanan yang belum pernah kalian cicipi sebelumnya.
  • Area bersepeda. Bagi kalian yang gemar bersepeda santai atau menjadikan kegiatan bersepeda sebagai olahraga, cobalah untuk merasakannya. Sensasinya pasti berbeda antara bersepeda ditempat kalian dengan bersepeda di Belong Keliki.

Jam Operasional

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Belong Keliki camping ground, kalian harus memperhatikan jam operasionalnya terlebih dahulu. Jam operasional di Belong Keliki, antara pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Itulah tempat wisata di Kintamani, khususnya Belong Keliki yang wajib kalian kunjungi. Have fun ya!

Baca juga : Mendes Dorong Desa Wisata Berbasis Kopi di Bondowoso

Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan disini?

Selain berkemah, kalian dapat memancing, mandi di pemandian air panas & Jeep Tour menuju Gunung Batur

Berapa harga tiket masuk ?

Tiket masuk seharga 10.000 sudah include teh/kopi

Paket tour yang bisa didapat disini apa saja?

Tiket masuk kunjungan Rp. 10,000, Camping dengan tenda sendiri Rp. 30,000/orang, Paket camping 4 orang Rp. 250,000 (include tiket masuk, matras, sleeping bag, welcome drink, morning drink, hot spring), Glamping Rp. 300,000 (all in), Jeep Tour (kapasitas 3 orang) Rp. 750,000, Paket tour ke Trunyan dengan Boat Rp 850,000, Tracking (kapasitas 5 orang) Rp. 950,000, Memancing ikan Rp. 25,000 (24 jam include umpan dan hasil tangkapan bisa dibawa pulang)

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments