Take a fresh look at your lifestyle.

Hizbullah Libanon dan Suriah Lancarkan Serangan Gabungan di Perbatasan

0 6
Hizbullah Libanon dan Suriah Lancarkan Serangan Gabungan di Perbatasan

ilustrasi

Jakarta – Kelompok Hizbullah Lebanon dan tentara Suriah melancarkan serangan pada Jumat (21/7) untuk membersihkan petempur dari daerah perbatasan kedua negara. Gerakan tersebut untuk menyasar gerilyawan kelompok Barisan Nusra di daerah Juroud Arsal di kota Arsal, Lebanon, dan di daerah pegunungan Qalamoun barat, Suriah. Daerah tandus Juroud Arsal, antara Suriah dan Lebanon, disebut-sebut menjadi basis kubu petempur IS, dan beberapa ribu pengungsi Suriah tinggal di tenda di daerah itu.

Saluran televisi al-Manar milik Hizbullah mengatakan bahwa gerilyawan Nusra menjadi sasaran kelompok mereka di Juroud Arsal dan di daerah dekat kota Fleita, Suriah. Rekaman siaran Al-Manar menunjukkan adegan ketika senapan senjata berat melontarkan peluru dari belakang sebuah truk yang mengibarkan bendera Hizbullah. Kepulan asap terlihat muncul dari bukit.

Tentara Lebanon telah menempatkan pasukannya di pinggiran kota Arsal untuk mengantisipasi operasi, mencegah petempur melarikan diri ke Lebanon, kata sumber keamanan Lebanon mengatakan pekan ini. Para tentara tersebut tengah berada pada kedudukan bertahan. “Jika posisi kami tidak diserang, maka kami tidak akan memulainya (menyerang),” kata sumber tersebut.

Barisan Nusra adalah kelompok yang bergabung dengan al Qaeda dalam perang saudara Suriah hingga tahun lalu, ketika secara resmi mereka memutuskan hubungan dengan al Qaeda dan berganti nama. Kelompok tersebut saat ini mempelopori aliansi Tahrir al-Sham.

Pada 2014, wilayah Arsal adalah tempat yang paling banyak dikunjungi tumpahan perang Suriah di Lebanon, ketika petempur secara singkat menyerbu kota Arsal. Kelompok Syiah dukungan Iran, Hizbullah, membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad dengan memberikan dukungan militer sangat penting dalam perang itu, yang menimbulkan kritik keras dari lawannya di Lebanon, termasuk dari Perdana Menteri Saad al-Hariri. Reuters/Ant

TAGS : Suriah Isis

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19112/Hizbullah-Libanon-dan-Suriah-Lancarkan-Serangan-Gabungan-di-Perbatasan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments