Take a fresh look at your lifestyle.

Hati-hati, Virus Corona Bisa Menular Lewat Percakapan

0 2
Hati-hati, Virus Corona Bisa Menular Lewat Percakapan

Virus corona (Foto: Press TV)

New York, Jurnas.com – Kepala Divisi Penyakit Menular di Badan Nasional Kesehatan Amerika Serikat (NIH), Anthony Fauci mengatakan, virus corona baru (Covid-19) diperkirakan juga dapat menular melalui pernapasan normal dan percakapan.

Karena itu, sebagaimana dikutip dari AFP pada Jumat (3/4), dia merekomendasikan agar masyarakat tetap menggunakan masker ketika bepergian ke luar rumah, dengan alasan keamanan dan kesehatan.

“Beberapa informasi baru-baru ini (mengatakan) bahwa virus tersebut sebenarnya dapat menular, bahkan ketika orang hanya berbicara, di samping batuk dan bersin,” kata Fauci.

Sebelumnya, pemerintah hanya menyarankan bahwa yang mengenakan masker ialah mereka yang sedang sakit, maupun para medis yang menangani pasien Covid-19 di rumah sakit.

Adapun tanggapan Fauci muncul setelah National Academy of Sciences (NAS) mengirim surat ke Gedung Putih pada 1 April lalu, yang merangkum penelitian terbaru tentang masalah ini.

Dikatakan, meskipun penelitian belum sampai pada kesimpulan akhir, namun “hasil studi yang tersedia konsisten dengan aerosolisasi virus dari pernapasan normal.”

Hingga saat ini, badan kesehatan AS mengatakan bahwa jalur utama penularan adalah tetesan (droplet) yang berdiameter sekitar satu milimeter, yang dikeluarkan oleh orang sakit ketika bersin atau batuk.

Droplet ini dapat dengan cepat jatuh ke tanah, yang berjarak sekitar satu meter dari pasien positif Covid-19.

Sebelumnya, penelitian yang baru-baru ini diterbitkan oleh New England Journal of Medicine menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 (Covid-19) dapat menjadi aerosol, dan tetap mengudara selama tiga jam.

Penemuan ini memicu perdebatan, bahkan ketika para kritikus mengatakan temuan itu berlebihan karena tim di belakang penelitian menggunakan perangkat medis yang disebut nebulizer, untuk sengaja membuat kabut virus, serta berpendapat hasil studi ini tidak akan terjadi secara alami.

Surat NAS merujuk pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh University of Nebraska Medical Center, yang menemukan kode genetik virus SARS-CoV-2 di daerah yang sulit dijangkau di ruang isolasi pasien.

Para ilmuwan NAS juga merujuk pada dua studi lain dari Hong Kong dan dari China daratan.

Sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar lebih berhati-hati terhadap ancaman Covid-19 di udara.

Dalam sebuah analisis yang diterbitkan pada 29 Maret, tertulis bahwa penularan melalui udara hanya terjadi selama perawatan medis tertentu, yang membutuhkan bantuan pernapasan.

TAGS : Virus Corona WHO Amerika Serikat Penularan Covid-19

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/69997/Hati-hati-Virus-Corona-Bisa-Menular-Lewat-Percakapan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments