Take a fresh look at your lifestyle.

Hariri Akan Jelaskan Posisinya di Lebanon

0 4
Hariri Akan Jelaskan Posisinya di Lebanon

Perdana Menteri Libanon Saad al-Hariri (Foto: Reuters / Mohamed Azakir)

Paris – Saad al-Hariri akan menjelaskan posisinya saat kembali ke Beirut pekan depan. Dia menolak menjawab posisinya saat ini, karena ia akan kembali ke Beirut pada Rabu (23/11), saat Lebanon merayakan hari kemerdekaannya. Hariri mengucapkan terima kasih kepada Macron atas bantuannya meredakan ketegangan di seluruh wilayah.

“Sehubungan dengan situasi politik di Lebanon, saya akan kembali ke Beirut dalam beberapa hari mendatang. Saya akan menghadiri perayaan kemerdekaan, dan di sanalah saya akan mengetahui posisi saya mengenai hal-hal ini setelah bertemu dengan Presiden (Michel) Aoun,” Kata Hariri setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris.

Macron memanfaatkan hubungan dekat Prancis dengan Lebanon dan Arab Saudi untuk mengamankan kesepakatan yang membuat Hariri mengunjungi ke Paris dan membuka pintu menuju resolusi krisis.

Hariri, yang tiba di kediamannya di Paris pada dini hari, mengatakan kepada Aoun dalam sebuah telepon dari Paris bahwa ia akan berada di Lebanon pada Rabu (23/11). Demikian disampaikan melalui Twitter miliknya.

Lebanon terguncang sehingga Hariri penting datang ke Paris agar kita bisa bekerja sama dengannya untuk mencari jalan keluar terbaik dari krisis,” kata seorang diplomat senior Prancis.

“Kami mencoba menciptakan kondisi untuk de-eskalasi di wilayah ini. Kami ingin menghindari proliferasi krisis yang bisa lepas kendali,” tambahnya dilansir Reuters, Minggu (19/11)

Pengunduran diri tiba-tiba Hariri dan terus berlanjut di Arab Saudi telah menyebabkan kekhawatiran akan stabilitas Lebanon. Dia mengunjungi Prancis bersama istri dan satu anaknya, yang dipandang sebagai bagian dari kemungkinan jalan keluar dari krisis, meskipun dua anak mudanya tinggal di Arab Saudi.

Okab Saqr, anggota parlemen Gerakan Hariri di Masari, mengatakan setelah kunjungan Hariri ke Prancis, ia akan mengadakan “tur Arab kecil” sebelum melakukan perjalanan ke Beirut.

Sumber kepresidenan Prancis mengatakan Macron menegaskan kembali bahwa Paris ingin Hariri kembali ke Lebanon untuk memastikan sistem politik negara tersebut terus berfungsi dan bahwa hal itu penting, tetap dipisahkan dari krisis regional.

Sumber tersebut mengatakan, Macron akan terus aktif dalam dokumen tersebut dalam beberapa hari mendatang dan bahwa Prancis akan mengadakan pertemuan dengan Kelompok Dukungan Lebanon Internasional untuk membahas krisis politik tersebut.

TAGS : Lebanon Arab Saudi Saad Hariri Prancis

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25003/Hariri-Akan-Jelaskan-Posisinya-di-Lebanon/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments