Take a fresh look at your lifestyle.

Guatemala Nyusul AS Pindahkan Kedubesnya ke Yerusalem

0 5
Guatemala Nyusul AS Pindahkan Kedubesnya ke Yerusalem

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Guatemala – Terlepas dari kehebohan keputusan kontroversial Washington yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Guatemala tampaknya memutuskan untuk mengikuti Trump. Ia mengumumkan rencana memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem

Kabar itu disampaikan usai Presiden Guatemala, Jimmy Morales berkomunikasi dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu via telfon pada Minggu (24/12).

“Kami berbicara tentang hubungan baik yang kami miliki seperti negara-negara yang lain sejak Guatemala mendukung pembentukan Negara Israel,” kata Morales di akun Facebook-nya dilansir dari RT, Senin (25/12)

“Saya memberitahu Anda bahwa saya telah memberikan instruksi kepada Kanselir untuk memulai koordinasi  masing-masing guna memindahkan kedutaan,” kata Morales dalam catatan singkatnya, tanpa menyebutkan apakah negara tersebut mengakui Yerusalem sebagai ibukota negara bagian atau tidak.

Negara Amerika Tengah adalah satu dari hanya sembilan negara bagian yang mendukung keputusan Amerika Serikat selama pemilihan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) minggu ini.

Pada Kamis (20/12), UNGA mengeluarkan sebuah resolusi yang tidak mengikat yang mengecam dekrit Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan meminta negara-negara anggota untuk tidak memindahkan misi diplomatik mereka ke Yerusalem.

Resolusi UNGA yang tidak mengikat didukung oleh 128 negara bagian, sementara 35 negara abstain. Guatemala, Honduras, Palau, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Togo, Amerika Serikat dan Israel memilih untuk mendukung keputusan Amerika tersebut. Pemungutan suara UNGA mengikuti veto Amerika Serikat untuk resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Senin (18/12). Semua anggota DK PBB lainnya memilih sebuah gerakan untuk membatalkan tindakan Donald Trump.

“Kami benar-benar yakin bahwa ini adalah keputusan yang tepat,” kata Morales pada awal minggu ini tentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem.

Selain itu, ia juga mengatakan mengatakan bahwa Israel adalah sekutu Guatemala dan kita harus mendukungnya.

Tel Aviv  mendesak negara-negara lain untuk mengikuti teladan Amerika untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Pada Jumat (21/12), Netanyahu mengatakan sejumlah negara dengan serius mempertimbangkan memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem.

Meski begitu, ia tidak menyebutkan nama negara-negara yang merenungkan langkah tersebut, dia mengungkapkan bahwa Israel sekarang terlibat dalam sebuah kampanye diplomatik terpadu untuk mengumpulkan dukungan bagi Israel.

TAGS : Yerusalem PPB Israel Amerika Serikat Guatemala

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26858/Guatemala-Nyusul-AS-Pindahkan-Kedubesnya-ke-Yerusalem/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments